Wakil Bupati Halsel, Resmi Gelar Kegiatan Advokasi Dan Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp

HALSEL, Pilaraktual.com Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Hasan Ali Bassam Kasuba resmi, Menggelar kegiatan Advokasi Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara (Malut).

Kegiatan Advokasi dan Vaksinasi ini berlangsung di Aulah Hotel Buana Lipu pada Selasa (08/06/2021) sekira Pukul 08:30 WIT.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba dalam sambutanya mengatakan,  dengan adanya Pandemi covid-19 ini telah memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, sehingga berdampak pada sistem kesehatan di Indonesia, sebagaimana terlihat dari penurunan kinerja pada beberapa program kesehatan.

Untuk itu Lanjut Bassam Kasuba, Prioritas pada penanggulangan pandemik covid-19 serta adanya kekewatiran masyarakat dan petugas terhadap penularan covid-19 yang terdampak di masyarakat.

“ Semoga vaksinasi covid-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi atau penularan covid-19, karena penurunan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19 mencapai kekebalan kelompok di masyarakat. Olehnya itu dapat melindungi masyarakat dari covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” Ujar Wakil Bupati Halsel di Sela-sela acara,

Selain itu, Wakil Bupati juga menyebutkan, kelompok hanya dapat terbentuk apabila mencukup vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah, upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, maka jauh lebih hemat biaya apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan.

“Saran dan jumlah vaksinasi covid-19 untuk Halsel sebanyak 28.315 orang dari presentasinya capaian tanggal 6 Juni 2021 dosis 1 baru sebanyak 5502 (19,2%). Keemudian untuk dosis 2 sebanyak 3,545 (12,3%), itu masih jauh dari harapan, karena saat ini kita masih butuh kerja sama untuk menaikan capaian kita,” Sebut Wakil Bupati.

Meski Begitu lanjut Wakil Bupati, Dalam rangka menunjang keberhasilan program vaksinasi di kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara dan perlu adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak. Sebab dengan pelaksanaan kegiatan pertemuan lokasi vaksin tingkat kabupaten dengan harapan berjalan baik. Maka, dengan adanya pertemuan advokasi covid-19 ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas program vaksinasi yang optimal di Halmahera Selatan.

“Saya berharap kita dapat memanfaatkan pertemuan ini sebaik-baiknya sebagai ajang untuk bertukar pikiran dan membahas serta mencari solusi atas permasalahan dan terus berperan aktif. Jadi diharapkan semua kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif aman dan akuntabel sesuaserta menerapkan menerapkan di tempat tugas masing-masing” tutupnya

Sekedar diketahui, Turut hadir dalam kegiatan itu yakni, sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara (Sekda) Sarbani A Karim, Perwakilan Dandim Labuha, Perwakilan kepala kemenaq Halsel dan Kepala Dinas Kesehatan Halsel. (red)