Kapolres Kuburaya

Kasus Baku Balas Dendam Antara Desa Samsuma Dan Gitang Berakhir Damai

Kasus Baku Balas Dendam Antara Desa Samsuma Dan Gitang Berakhir Damai

LABUHA, PilarAktual.com – Kasus baku balas dendam antara Desa Samsuma dan Desa Gitang, Kecamatan Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara berakhir damai.

Perdamaian kedua Desa ini dimediasi oleh pihak kepolisian Polres Halmahera Selatan dan Kapolsek pulau Makian, Camat dan kedua kepala Desa kecamatan pulau makian. Itu berlangsung di kantor mapolsek, pada Jumat (06/5/2022).

Sementara Camat kecamatan pulau makian Ahmad Wahab menyampaikan, Penyelesaian kasus baku balas demdam antara dua Desa ini, atas kemauan keluarga korban dan keluarga pelaku serta pemerintah desa itu sendiri,

“Alhamdulilah penyelesaian ini berkat kesadaran keluarga korban dan keluarga pelaku, sehingga kami pemerinta kecamatan dan kedua pemerintah desa mengambil langkah untuk bersama-sama dengan pihak kepolisian melakukan mediasi,” Ujar Camat.

Pasca penyelesaian kasus ini, lanjut Ahmd, Tentunya berharap agar kedua pemerintah Desa dan masyarakatnya terus menjalin hubungan silaturahmi antar sesama baik itu kebersamaan dan perdamaian.

“Kepada kedua pemerintah desa yakni desa Samsuma dan Gitang serta masyarakat agar terus menjalin hubungan kebersamaan serta ciptakan perdamaian antar sesama kita orang makian,” Harapnya.

Terpisah, Kapolsek Pulau Makian, Ipda Hamdan Taher saat dikonfirmasi mengatakan, Proses penyelesaian kasus baku balas dendam ini berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah antara pemerintah desa Samsuma dan Pemerintah desa Gitang

Manurutnya, kesepakatan musyawarah penyelesaian kedua desa tersebut juga disertakan surat pernyataan sekaligus dengan deklarasi damai,

“Proses penyelesaian antara dua desa ini berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah kedua pemerintah desa dan disertakan surat pernyataan dengan deklarasi damai antara desa samsuma dan desa Gitang,” Kata Kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek, Setelah penyelesai perdamaian antara kedua desa tersebut, situasi wilayah Khamtibmas polsek kecamatan pulau makian berjalan aman dan kondusif.

Sekedar diketahui, Turut hadir mediasi atau penyelesaian kasus baku balas demdam antara dua Desa Samsuma dan Desa Gitang yakni, KBO Shabara Polres Halsel, Ipda Heriyadi, Kasat Binmas Polres Halsel, Iptu Sudarlin Lanane, Kapolsek pulau Makian Ipda Hamdan Taher, Camat pulau makian Ahmad Wahab. (Red)

Tinggalkan Balasan