Hari Jadi Kabupaten Halmahera Selatan

Demo Kasus Haornas di KPK, SERAM-MU Desak Ketua KPK Tangkap Walikota Ternate

Demo Kasus Haornas di KPK, SERAM-MU Desak Ketua KPK Tangkap Walikota Ternate

MALUT, PilarAktual.com – Sentral Pergerakan Mahasiswa Maluku Utara (SERAM-MU) di Jakarta kembali mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengambil alih kasus korupsi anggaran Hari Olahraga Nasional (Haornas) Kota Ternate yang kini ditangani Kejaksaan Negeri Ternate.

Pasalnya, SERAM-MU menilai Kejaksaan Negeri Ternate tidak mampu dalam pengusutan kasus korupsi.

Fikar Koordinator Lapangan, mengatakan, Kasus dugaan korupsi pada kegiatan HAORNAS yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai 2,8 miliar dan Anggaran Pendapatan Belanjar Negara (APBN) senilai 2,5 miliar pada tahun 2018, sudah seharusnya diambil alih oleh KPK. Sebab berkas perkara kasus tersebut mandek di meja penyidik Kejaksaan Negeri Ternate.

Sementara Orator lain, M. Reza A. Syadik dalam orasinya, mengatakan KPK sudah seharusnya mengambil alih kasus korupsi Haornas. Karena kasus yang diduga kuat melibatkan orang nomor satu di Ternate itu tak kunjung dituntaskan oleh Kejaksaan Negeri Ternate.

Reza menilai, Kejari Ternate Takut periksa Walikota Ternate M. Tauhid Soleman dalam kasus Haornas.

Buktinya kata Reza, sudah dua kali di panggilan, namun Penyidik kejaksaan Negeri terkesan diam.

“hal ini patut dipertanyakan. Jangan-jangan kejaksaan Negeri Ternate sudah masuk angin,”Teriak Reza saat berorasi di depan gedung KPK, Jum’at 03 juni siang tadi.

Foto Istimewah: SERAM-MU Demo di Gedung KPK Ri.

Reza juga hadir dan menagi janji
Wakil ketua KPK, Alexader Marwata bahwa akan mengambil alih kasus Haornas yang diduga melibat Walikota Ternate itu.

“Dasar itulah kami memiliki kewajiban menagih janji KPK untung memanggil dan memeriksa Walikota Ternate,”Ucap Reza.

Bagi Reza, korupsi tidak bisa dibiarkan. Karena itu sikap tegas kami akan terus mengkonsolidasikan persatuan di jakarta untuk menagih janji komitmen KPK.

“kami rasa sudah saatnya KPK melakukan investigasi khusus menulusuri kasus Haornas 2018 dikota Ternate,”Pungkas Reza sembari meminta Ketua KPK memberikan kepastian hukum dan tangkap M.Tauhid Soleman.(Red)