Hari Jadi Kabupaten Halmahera Selatan

Tutup Aktivitas PETI Simbalang, Ketua LAKI Apresiasi Polres Boltim

Boltim, PilarAktual.com – Penindakan penutupan Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Hutan Simbalang oleh Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menuai dukungan dan apresiasi dari Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI).

Ketua LAKI Kabupaten Boltim, Ismail Mokodompit mengatakan, penindakan terhadap para pelaku PETI di Hutan Simbalang oleh Polres Boltim sudah lama dilakukan. Sehingga tak mengherankan jika saat penertiban pada Senin (20/6/2022) lalu Polres tak lagi menemukan adanya aktivitas penambangan di lokasi tersebut.

“Kami patut memberikan apresiasi kepada Polres Boltim atas kinerjanya menutup aktivitas PETI Simbalang. Sebagai ormas maupun sebagai masyarakat, kami mendukung upaya dari Polres Boltim ini,” kata Ismail Mokodompit, Rabu (22/6/2022).

Dia juga memuji Polres Boltim karena serius dalam pencegahan kerusahan hutan Simbalang akibat PETI, tidak melakukan pembiaran sama sekali. Selain itu, model penindakan yang tegas tapi humanis yang ditunjukkan Polres Boltim, menurut Ismail, berdampak pada timbulnya kesadaran masyarakat.

“Cara pendekatan Polres Boltim (tegas namun humanis) sudah sangat pas. Sebab, hutan harus dijaga dan warga masyarakat juga harus diselamatkan agar tidak terjerat ancaman pidana akibat melakukan PETI,” terangnya.

Diketahui bahwa sempat tersiar kabar bahwa aktivitas PETI di Hutan Simbalang masih berlangsung. Namun dugaan tersebut tak sesuai dengan kenyataan ketika Polres Boltim menurunkan tim operasi penertiban pada Senin (20/6/2022).

Tim yang dipimpin Kabag Ops Kompol I Ketut Mantra dan Ketua Tim Ipda Hasiberto tak menemukan satu pun penambang di lokasi Hutan Simbalang.

Pantuan langsung wartawan di lokasi tersebut, tak ada lagi kegiatan PETI. Barak-barak milik penambang yang telah lama tak digunakan dibongkar oleh tim Polres Boltim. (Red)