Tindak Lanjuti Instruksi Bupati Halsel, Dinkes dan TP-PKK Pokja IV Sukseskan Program Germas

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com  Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Dharma Wanita Persatuan Unit Pelaksana Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Pokja IV Halmahera Selatan melakukan kegiatan Senam Germas dan Penyuluhan Kesehatan dalam penemganan Vaksinasi Covid 19 di Desa Panambuang Kecamatan Bacan Selatan.

Kegiatan sinergitas ini dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Bupati No.9 Tahun 2021 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tepatnya di Desa panamboang Kabupaten Halmahera Selatan pada, Jumat 24 September 2021 kemarin.

Bacaan Lainnya

Diketahui bahwa, sebelumnya, Desa Panambuang merupakan salah satu desa yg diberi penghargaan Juara 1 oleh TP-PKK Provinsi Maluku Utara sebagai Desa yg menerapkan program Germas.

Program yang diterapkan dengan tema teck lain “AKU HATINYA PKK”. Dan dijadikan sebagai desa percontohan Studi banding dari kab/kota di Provinsi Maluku Utara.

Foto Istimewa: Bertuliskan “Senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hj.Astuti, SKM sekaligus juga ketua Pokja IV PKK Halsel kepada wartawan mengatakan,

Kegiatan yang dilaksanakan ini salah satu program inovasi dari Ibu Ketua TP PKK Halsel yakni Ny. Hj Eka Dahliani Usman terkait Gerakan Bersih Kampung (Pacuciakang Lipu) sebagai program rutin PKK Kabupaten Halsel dan bekerjasama dengan Pemda Halmahera Selatan.

“Kegiatan “Germas” ini dilakukan disetiap hari jumat dijadwalkan melakukan kegiatan bakti bersama di Desa-Desa untuk memberdayakan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat,” Ujar Astuti.

Foto Istimewa:

Selain itu kata Astuti, Dengan adanya inovasi bersih kampung ini diharapkan menjadi acuan dalam peningkatan kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat yang dari desa.

“Untuk itu Kemitraan dan sinergitas lintas sektor diharapkan menjadi kunci dalam pemberdayaan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat di kabupaten Halmahera selatan,” Pintanya. (Tim/red)