Kapolres Kuburaya

Peringati HPN: Dialog Public Kowar Gosale Sukses di Gelar

SOFIFI, PilarAktual.com – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 pada 9 Februari kemarin. Komunitas Wartawan (Kowar) Gosale Provinsi Maluku Utara dmenggelar dialog public.

Dialog Public tersebut Kowar Gosale merintis tema,” Pers Sebagai Akselerator Perubahan Maluku Utara”.Tepatnya di Istana Cafe Ternate, Saptu (13/2/2021) malam sukses di gelar.

Tema dialog yang dirintis tersebut yakni akselerator sebagai sarana meningkatkan kecepatan perubahan.

Hal itu terlihat, ulas satu persatu para juru bicara atau corong informasi dari perwakilan instansi pemerintah dan aparat penegak hukum selaku narasumber yang dihadirkan oleh Kowar Gosale.

Dikatahui Agenda dialog dengan tema pers sebagai Akselelator perubahan dipandu oleh bung Firjal yang ditunjuk sebagai moderator juga Pemred Halmaherapost.

Turut hadir dalam agenda dialog Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut Karo Humas Rahwan K Suamba, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Malut dihadiri langsung Kasi Penkum Richard Sinaga, dan Polda Malut diwakili oleh Paur Kreatif Subbid Multimedia Ipda Nurmala.

Disisi lain terlihat para narasumber rata-rata mengemukan bahwa media merupakan sarana informasi bagitu penting untuk diketahui public tentang peran atau fungsi tugas masing-masing instansi dalam melayani masyarakat untuk menuju perubahan yang lebih baik.

Dialog ini juga memantik para pimpinan media sala satunya Burhan Ismail dari Posko Malut, Faujan A Pinang dari Indotimur.com, Rahman Mustafa dari Nusantaratimur.com, Fadli dari Pilarmalut.com, Faris Bobero dari media grup cermat/kumparan.

keempat pimpinan media ini menegaskan, untuk berbicara menyangkut kerja-jerja wartawan di lapangan yang dihadapkan beragam tantangan.

“ banyak kasus seperti hasil karya (berita) wartawan berujung harus dilaporkan, ” kata Burhan kepada 70 peserta dialog malam itu.

Meski begitu dijelaskan Burhan, pers merupakan pilar ke 4 dalam demokrasi setelah lembaga eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif. Pers juga bekerja sesuai prosedur yang diatur dalam undang-undang nomor 40 Tahun 1999. mengontrol dan mengawasi segala kebijakan pemerintah.

“ Karena itu dialog yang digagas rekan-rekan Kowar Gosale ini merupakan sarana kelobarasi pikiran antar pers, pemerintah dan aparat penegak hukum agar sama-sama mendorong perubahan,” jelas pewarta senior itu.

Terpisah Kordinator Kowar Gosale Munawir Yakub menyampaikan, dialog dengan tema itu sengaja digagas untuk merefleksikan HPN 2021. Apalagi sambung dia, saat ini kita dilanda pandemic covid-19.

Salain dialog, dirinya bersama rekan-rekan pewarta berencana menyalurkan paket sembako di panti asuhan Sofifi.

“ Selain dialog yang dibuat, rencannya Senin besok Kowar Gosale juga akan salurkan sedikit bantuan di beberapa titik panti asuhan di Sofifi,” tandas Munawir. (Red/PL)

Tinggalkan Balasan