Kapolres Kuburaya

Pastikan Harga Stabil, Bupati Bersama Forkopimda Halsel Sidak di Pasar Labuha dan Toko Sembako

LABUHA, PilarAktual.com – Untuk  memastikan harga sembilan bahan pokok (Sembako) tetap Stabil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan, Maluku Utara bersama Unsur Forkopimda menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di pasar Bumdes Labuha dan toko sembako.

Sidak yang dipimpin langsung Bupati Halsel, Usman Sidik bersama Unsur Forkopimda

Foto Istimewah.

tersebut menemukan sejumlah harga 9 bahan pokok di pasar mengalami kenaikan dratis

Naiknya, 9 bahan pokok seperti minyak goreng Rp. 420.000 per Dos, dan perliter Rp 35.000 sedangkan minyak curah yang disubsidi pemerintah dijual per liter Rp 26 sampai Rp 27 ribu. Selain minyak goreng, harga gula dan telur juga mengalami kenaikan drastis.

“Harga gula sebelumnya per liter dijual Rp. 15.000 tapi sekarang naik menjadi Rp. 16.000 sampai Rp. 17.000 per liter, sedangkan untuk harga minyak goreng Rp. 420.000 per Dos, dan perliter Rp 35.000.Kemudian telur naik sekitar Rp 400 rupiah per butir, sehingga warga sebelumnya ada per butir Rp. 2000 menjadi Rp. 2.400 per butir,” Ujar salah satu pedang yang ditemui saat sidak di Pasar Bumdes Labuha, Senin (11/4/2022)

Pedagang pun mengaku, naiknya harga bahan poko itu dilakukan oleh para distributor, sehingga pedanga yang mengambil dari distributor otomatis harus menaikkan harga.

” Kalau kita pedang pertahankan harga semula otomatis kami rugi, karena ini dari distributor,” Akuinya.

Sementara Bupati Halsel, Usman Sidik saat diwawancarai usai sidak mengatakan, naiknya harga 9 bahan pokok karena ada permainan harga dari pihak distributor, terutama maiknya harga minyak goreng

“Ada permainan harga dari pihak terkait sehingga kita akan berikan peringatan keras kepada pihak distributor, jika harga bahan pokok ini terus seperti ini, makan akan Pemda Halsel akan ambil tindakan tegas,”Tandas Bupati.

Alasan pihak distributor naikkan harga 9 bahan pokok lanjut Bupati, Harga yang diambil di Sulawesi juga mahal, namun dari hasil pantauan di lapangan alasan tersebut itu hanya dibuat – buat para distributor, sehingga kita tekankan mulai besok harga harus kembali normal.

“Jadi kita suda tekan mulai besok harga bahan pokok harus normal, jika tidak maka kita akan mengambil langka tegas,” Pungkas.

Diketahui, Unsur Forkimpinda yang mendampingi Bupati Halmahera Selatan dalam sidak yakni, Kapolres Halmahera Selatam, Herry Purwanto, Damdim 1509 Labuha, Sekertaris Daerah (Sekda) dan Sejumlah SKPD lainya. (Red)

Tinggalkan Balasan