Lagi! Polisi Tangkap 2 Orang Tersangka Kasus Narkoba, Di Kendalikan Lapas Ternate

  • Whatsapp

TERNATE, PilarAktual.com Kepolisian Resort (Polres) Ternate Provinsi Maluku Utara (Malut). Lagi-lagi menangkap dua orang tersangka penyalahgunaan Narkotika jenis sabu yang diduga dikendalikan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ternate.

Kedua tersangka ini masing-masing inisial CH alias Koko (33 tahun) dan IS alias Kancil (38 tahun), sedangkan inisial IS alias Kancil maish berstatus sebagai Narapidana di Lapas Kelas IIA Ternate.

Bacaan Lainnya

Diketahui, untuk kronologis penangkapan kedua tersangka tersebut, sejak tanggal 6 Febuari 2021, Oleh Anggota Unit Resmob Polsek Utara. Hal itu setelah Unit Resmob mendapatkan laporan dari masyarakat yang mencurigakan bahwa, saudara CH alias Koko sedang menyimpan barang bukti (BB) Narkotika jenis sabu.

“Setalah mendapatkan informasi tersebut anggota Unit Resmob Polsek Utara langsung melakukan penyelidikan selama tiga hari terhadap tersangka CH alias Koko dan berhasil menemukan barang bukti (BB) yang di amankan di kamar kosannya,” kata Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimada didampingi Kapolsek Ternate Utara IPTU Joni Aryanto dan Kasubag Humas Polres Ternate Ipda Wahyudin, pada Kamis (11/3/2021).

Selain itu kata Aditiya, sementara kedua tersangka polisi masih melakukan introgasi dan pengembangan atas barang bukti (BB) yang di simpan CH alias Koko, Namun setelah diintrogasi BB tersebut adalah milik tersangka IS Alisa Kancil. Sementara inisial IS masih statusnya sebagai Narapidana Lapas Ternate.

” Setelah selesai introgasi dan pengembangan Tim Unit Resmob yang dipimpin oleh Kapolsek Utara IPTU Joni Aryanto, langsung menuju ke Lapas Kelas IIA ternate dan bersama pegawai lapas mengamankan BB satu buah pirek warna merah dan pipet kaca,” ujar Aditya

Aditiya bilang, atas pengakuan dari tersangka IS alias Kancil bahwa tersangka CH alias Koko diberikan tugas sebagai penjemputan BB jenis sabu, kemudian menyimpan sesuai arahan dari tersangka IS dan menimbang atau dimasukkan kedalam paket sachet kecil.

“Tersangka CH alias Koko yang dikendalikan oleh IS alias Kancil dari dalam Lapas dengan menggunakan handphone kemudian mendistribusikan dengan cara meletak di tempat-tempat yang telah di tentukan oleh kedua tersangka,” ucapnya

Aditya mengatakan, Untuk BB yang diamankan oleh anggota tim Unit Resmob Utara diantaranya dua sachet kecil bening berisi narkotika jenis sabu dengan berat 60,32, tiga pak plastik bening ukuran 5×3 belum terpakai, satu buah timbangan saku digital, du unit Hp merk Vivo Z1 Pro warna hitam dan Samsung Galaxy A10  warna merah satu buah pirek kaca.

“Kedua tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (1) subsider pasal 132 ayat (1) UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara dan maksimal 12 tahun penjara”, tandasnya. (PL/red)