Kapolres KuburayaPemda-Halsel

Hujan Deras Dan Banjir Bandang Jalan Jembatan Penghubung Desa Matentengin-Kyiwor Ambruk

Hujan Deras Dan Banjir Bandang Jalan Jembatan Penghubung Desa Matentengin-Kyiwor Ambruk

Foto Istimewah

LABUHA, PilarAktual.com – Hujan deras dan banjir bandang di Kecamatan Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara mengakibatkan Jalan Jembatan Penghubung antara Desa Matantengin dan Desa Kyiwor ambruk.

Amatan media ini dilapangan sekitar pukul 16.07 Waktu Indonesia Timur (WIT) ambruknya, akses jalan jembatan penghubung tersebut dikarenakan hujas deras hingga banjir bandang meluap tinggi.

Kejadian ini dibenarkan Kepala Desa Matentengin Safran melalui Sekertaris Desa (Sekdes) Matentengin Suritno Kumardi kepada wartawan, Selasa (10/05/2022),

“Iya benar jalan jembatan penghubung desa Kyiwor dan desa matentengin ambruk akibat hujan deras dan banjir bandang,” Ujar Suritno.

Menurutnya, hujan deras dan banjir bandang ini terjadi sekitar pukul 15.30 Waktu Indonesia Timur (WIT),

“Banjir itu terjadi sekitar setengah 4 sore tadi,” Kata Suritno.

Suritno menuturkan, Selain Jalan jembatan Penghubung ambruk juga ada Talud penahan banjir di desa metentengin tepatnya, disamping masjid juga ambruk.

“Selain jalan jembatan di desa matentengin yang rusak ada juga kerusakan talud disamping masjid berkisaran panjang 25 meter,” Tuturnya.

Foto Istimewah: Jalan Penghubung antara Desa Kyiwor dan Matentengin

Atas kejadian itu lanjut Suritno, pihaknya, berharap kepada Pemerintah daerah (Pemda) Halmahera Selatan yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar meninjau ke lokasi.

“Diminta kepada pemda Halsel dalam hal ini dinas BPBD dan PUPR Halmahera Selatan segara tinjau kembali lokasi bencana tersebut,” Pintanya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan logistik BPBD Halsel, Muhajir Zam-zam saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, Kami dari pihak BPBD sudah menerima informasi dan mendapatkan laporan dari masyarakat,

“Rencana sore ini kami turun, hanya saja cuaca tidak stabil, insya Allah besok pagi kami Tim TRC. BPBD Halsel turun ke lokasi bencana,” Katanya.

Sekedar diketahui, Informasi yang di terima saat ini, selain jalan jembatan penghubung desa Matantengin dan Kyiwor. Banjir bandang juga terjadi di Desa Ploly serta Desa Gitang dan Dalam. (Red)

Tinggalkan Balasan