Damdim 1501 Ternate, Memberikan Materi Wasbang

  • Whatsapp

TERNATE, Pilaraktual.com — Kantor wilayah Kementrian Agaman Provinsi Maluku melaksanakan Kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan bagi siswa pendidikan Agama dan keagamaan Budha Pada hari Minggu tanggal 25 April 2021 yang bertempat di Corner Palace Hotel Kelurahan Stadion Kecamatan Ternate Tengah.

Kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan bagi siswa pendidikan Agama dan keagamaan Budha kantor wilayah Kementrian Agama Provinsi Maluku Utara dengan tema, “Melalui pembinaan wawasan kebangsaan bagi siswa pendidikan agama dan keagamaan buddha kita wujudkan SDM unggul Indonesia Maju”.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1501/Ternate Kolonel Inf R Moch Iskandarmanto S.E. Serta para tamu undangan yang berjumlah 20 orang.

Foto istimewa: Dandrem Memberikan Materi (Humas)

Dandim 1501/Ternate Kolonel Inf R Moch Iskandarmanto S.E. mengatakan kegiatan ini dengan meteri pemutaran video tentang wawasan kebangsaan,

” Pertama materi masa penjajahan sampai pada masa kemerdekaan, Pembacaan Proklamasi, Tanggal 26 hari senin dilantiknya Walikota terpilih. Pancasila merupakan kepercayaan diri, dan menjadi pemersatu,” katanya.

Damdim menyebutkan, tentunya mungkin kita tau sejarah dulu di tahun 1999 adanya kejadian antara agama yang ada di Maluku.

Pertama, Nilai-nilai Pancasila bahwa kehidupan masyarakat saat ini sering terjadi adu domba oleh Bangsa yang menjajah indonesia dengan mengadu Domba antar bangsa dan Negara, Perkelahian antar remaja, antara pelajar dan sering terjadi Perkelahian antar kampung.

Kedua, Tujuannya meningkatkan menyegarkan dan menguatkan kesadaran untuk membangun ketahanan Nasional Indonesia menciptakan dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara dari pada kepentingan sendiri, Ini juga diatur di dalam kebenaran falsafah Pancasila perlu kita sampaikan wawasan kebangsaan untuk meyakinkan tentang kebenaran Pancasila, undang-undang Dasar Negara kesatuan dan bentuk Negara yang tepat untuk Negara kepulauan dan pilihan hidup bersama mengajarkan untuk menghargai antar sesama.

Ketiga, Pancasila kedudukannya sebagai dasar Negara dan sebagai ideologi Nasional informasi orientasi pembangunan Nasional atau Daerah biologi dan terbuka menjawab tantangan dan perkembangan dunia dinamika yang sebagai pandangan hidup yaitu pedoman perilaku membantu jati diri menghadapi segala permasalahan dari ajaran agama Buddha yaitu di acara ini Pancasila adalah ajaran dasar moral yang ditaati oleh para pengikut Sidharta Gautama.

Keempat, Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Pancasila dan di dalam ajaran agama buddha sebagai Pancasila Buddhis adalah nilai nilai moral digunakan untuk seorang yang akan memasuki kehidupan beragama Sang Buddha bahwa barangsiapa yang sempurna dalam sila dan mempunyai pandangan terang teguh dalam Negara selalu berbicara benar.

Kelima, Pancasila dengan agama-agama sudah jadi Selaras sehingga kita tidak akan lepas dari ideologi Pancasila, terlepas dengan ajaran yang baik ini hingga kita bisa dilakukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan semua komponen tersebut di atas undang-undang dasar bukanlah hukum biasa melainkan hukum dasar yaitu hukum dasar yang tertulis UUD 45 merupakan sumber hukum yang tertulis dan yang terpenting adalah 5 sila yang harus kita patuhi dalam berbangsa dan bernegara.

Keenam, Puncak dari seluruh peraturan perundang-undang derajat ketaatan hukum demokrasi mengandung makna bahwa Kedaulatan berada ditangan rakyat, warga Negara memiliki hak dan setiap warga Negara tanpa pandang bulu wajib menaati setiap hukum dan peraturan yang berlaku itu esensi dari UUD 1945 pada masa Majapahit jadi konflik-konflik ini yang paling bahaya adalah bermacam-macam suku agama di Indonesia, beribu-ribu kepulauan dan kalau kita tidak bersatu, kita akan menimbulkan kekacauan antar agama dan suku

Bangsa Indonesia terdiri dari berapa Provinsi yaitu 34 Provinsi, 514 kabupaten kota, 83931 Desa, 1340 suku Bangsa terdapat banyak struktur demografis yang sangat beragam dari segi etnik agama bahasa, Politik, sosial maupun yuridis sebagai bangsa kepulauan meliputi pulau-pulau yang dihubungkan oleh laut sebagai wujud alamiah adalah nilai-nilai persatuan bangsa. (**)