HUT RI PEMKAB HALSEL

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Gelar Vaksinasi Covid-19 di Desa Matabulu

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Gelar Vaksinasi Covid-19 di Desa Matabulu

Boltim, PilarAktual.com – Komunitas Masyarakat Adat Nuangan di Desa Matabulu dan Matabulu Timur, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), antusias mengikuti vaksinasi pada Rabu 22 Desember 2021.

Pelayanan vaksin yang digelar di rumah Sangadi Desa Matabulu Timur ini merupakan kerjasama Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PD AMAN) Kabupaten Boltim dan Dinas Kesehatan setempat.

Sangadi Matabulu Timur Kamal Mamonto mengapresiasi program PD AMAN Boltim dan PW AMAN Sulawesi Utara tersebut

“AMAN dan pelibatan tokoh-tokoh adat di desa berhasil mengajak warga masyarakat untuk divaksin. Kami harap program ini berkelanjutan,” sebut Kamal.

Senada disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Boltim Helmi Lasama. Dia menilai pelaksanaan vaksinasi kepada Komunitas Masyarakat Adat Nuangan di Desa Matabulu dan Matabulu Timur, memiliki gaya pendekatan berbeda sehingga memantik antusias masyarakat untuk divaksin.

“Pendekatan yang dilakukan cukup terterima di masyarakat. Di mana orang-orang tua adat mengajak secara langsung, dari rumah ke rumah warga untuk mengikuti vaksinasi dan hasilnya cukup baik,” kata Helmi.

Pelayanan vaksinasi dengan tema ‘Masyarakat Adat Sehat, Negara Kuat, ini diikuti oleh 140 perserta. 59 untuk vaksin tahap satu dan 81 peserta vaksinasi tahap II.

Sementara, terdapat 14 orang yang ditunda pemberian vaksinnya berdasarkan hasil pemeriksaan dokter.

Pelayanan vaksin ini melibatkan tim vaksinatir Dinas Kesehatan Boltim dan Puskesmas Nuangan dengan pengawasan personil TNI-Polri.

Pihak AMAN yang menghadiri langsung kegiatan ini yakni Ketua BPH AMAN Sulut Jerry Makausi, Ketua PD AMAN Boltim Deddy Ginoga dan Sekretaris Chendry Mokoginta.

Pelaksanaan vaksinasi ini diramaikan dengan pemberian doorprize kepada peserta berupa peralatan-peralatan rumah tangga dan voucher WiFi. (Red)