HUT RI PEMKAB HALSEL

6 Hobi Bisa Menghasilkan Uang di Era Digital

Fery Sawilan: Manfaatkan Waktu Luang Untuk Hal Berguna

6 Hobi Bisa Menghasilkan Uang di Era Digital

Banyak orang mengisi waktu luangnya dengan aktivitas yang kurang bermanfaat, seperti melamun atau scrolling timeline berjam-jam misalnya. Padahal, ada banyak sekali hobi yang menghasilkan uang apabila ditekuni dengan benar.

Seperti kutipan populer yang mungkin sudah pernah Anda dengar, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Saat kita melakukan hal yang disukai dan mendapat bayaran, maka kita cenderung akan lebih menikmati pekerjaan dan merasakan kepuasan batin.

Lain halnya dengan orang yang bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan semata. Biasanya mereka akan mudah merasa bosan, lelah, bahkan jenuh dan tidak tertantang untuk mengembangkan kemampuan diri.

Lalu, apa saja macam-macam hobi yang menghasilkan uang? Bagaimana cara mengembangkannya menjadi suatu bisnis? Simak penjelasannya di artikel ini!

1. Hobi blogging

Sudah sejak lama hobi blogging ditekuni oleh banyak orang sebagai sumber penghasilan utama maupun sampingan yang menjanjikan.

Menekuni hobi ini memberikan banyak kebebasan dan fleksibilitas. Sebab, Anda sendiri yang mengatur kapan ingin memposting artikel, memilih topik yang mau ditulis, bahkan bisa dikerjakan sambil berlibur keliling dunia.

Kalau Anda suka menulis jurnal atau buku diary, cobalah beralih ke platform online untuk menyulap hobi jadi uang.

Cara menghasilkan uang dari hobi blogging

Berikut ini kami jelaskan beberapa cara mengubah hobi blogging Anda menjadi sumber penghasilan:

  • Memasang link affiliate.
  • Menulis sponsored post.
  • Membuat kursus atau eBook.
  • Hal-hal yang harus dipersiapkan

Penghasilan dari blogging tidak datang secara instan dalam semalam. Tentunya Anda butuh kesabaran dan ketekunan agar hobi ini mulai mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Di awal, tentunya Anda memerlukan website yang nantinya akan menampung semua artikel blog yang ditulis. Selain itu, kemampuan menulis konten juga wajib dipersiapkan dan terus diasah.

Agar Anda bisa menikmati segala prosesnya, buatlah blog berdasarkan topik atau niche yang Anda sukai. Kalau Anda suka kulineran, misalnya, Anda bisa berbagi resep masakan atau menulis review coffee shop dan restoran.

2. Hobi menulis

Suka menulis, tapi tidak suka menuangkannya ke dalam blog sendiri? Tenang saja, menulis apa pun di platform apa pun tetap bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang.

Anda bisa menjadi freelance writer dengan mengupload tulisan atau artikel menarik yang sudah pernah ditulis ke situs freelance. Di sana, Anda berkesempatan untuk membangun relasi dengan sesama freelancer maupun menemukan calon klien.

Cara menghasilkan uang dari hobi menulis

Ada banyak cara mendapatkan uang dari skill menulis yang Anda kuasai. Berikut di antaranya:

  • Content marketing.
  • Menulis deskripsi produk.
  • Menulis review.
  • Hal-hal yang harus dipersiapkan

Hal pertama dan yang terpenting untuk disiapkan adalah kemampuan menulis yang mumpuni. Tapi, kalau sudah menekuni hobi ini sejak lama, semestinya skill Anda sudah cukup untuk memulainya.

Menulis konten bisa dilakukan dari rumah, workspace, atau kantor. Bagaimana pun, Anda membutuhkan komputer pribadi dan mungkin juga keyboard serta kursi kerja yang nyaman.

Selanjutnya, buat akun dan bagikan contoh tulisan Anda di situs freelance. Makin terekspos karya Anda, makin lebar peluang yang terbuka.

3. Hobi fotografi

Skill fotografi masih dan akan terus dibutuhkan di seluruh dunia. Fotografer dibayar mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah untuk mengabadikan momen pernikahan, membuat foto produk, hingga mendokumentasikan acara penting.

Bagi Anda yang kreatif dan suka foto-foto, ini dia cara menghasilkan uang dari hobi yang patut dicoba.

Cara menghasilkan uang dari hobi fotografi

Untuk Anda yang suka memotret dan mau dapat uang tambahan, coba tekuni bidang fotografi yang banyak dibutuhkan ini:

  • Fotografi pernikahan.
  • Fotografi produk.
  • Fotografi udara.
  • Hal-hal yang perlu dipersiapkan
  • Fotografer profesional perlu aksesori kamera yang profesional pula. Beberapa perlengkapan yang esensial di antaranya drone, tripod, properti foto, dan lensa kamera.

Untuk bisa mengubah hobi jadi uang, tentunya Anda juga dituntut untuk jago foto dan punya spesialisasi yang jelas.

Kemudian buat website fotografi untuk menampilkan semua hasil jepretan yang sudah Anda ambil selama ini sebagai hobi.

4. Hobi membuat video

Jenis hobi yang menghasilkan uang berikutnya adalah hobi videografi. Bagaimana tidak, jasa video shooting makin banyak dibutuhkan belakangan ini untuk dokumentasi acara, pembuatan video profil perusahaan, hingga konten pemasaran.

Selain teknik shooting yang baik, dibutuhkan juga keahlian mengedit untuk menghasilkan video yang berkualitas dan memuaskan bagi klien.

Cara menghasilkan uang dari hobi membuat video

Ini dia cara yang bisa Anda coba untuk mengembangkan hobi videografi sebagai pekerjaan utama atau usaha sampingan:

  • Membuat channel YouTube.
  • Mendokumentasikan acara.
  • Membuat video perusahaan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan

Sebagai videografer pastinya Anda membutuhkan kamera video dan perlengkapan seperti memori kamera, tripod, lensa, dan sebagainya. Namun untuk permulaan, gunakan saja yang sudah ada dan mulai investasi alat lainnya begitu Anda mengumpulkan cukup uang.

Terkadang Anda juga harus menyiapkan surat izin untuk mengambil foto atau merekam video di tempat-tempat tertentu.

Kemudian, siapkan software editing apabila Anda sendiri yang akan mengurus segalanya mulai dari proses pengambilan video hingga editing. Namun jika tidak, Anda bisa menyewa jasa editor video.

5. Hobi desain dan ilustrasi

Hampir semua hobi kreatif bisa menjadi ladang uang, tak terkecuali hobi desain dan membuat ilustrasi.

Sama seperti fotografer dan videografer, seorang ilustrator dan desainer grafis bisa meraih untung besar dengan menjual hasil karyanya kepada mereka yang membutuhkannya.

Cara menghasilkan uang dari hobi desain grafis

Ada beberapa bisnis yang bisa Anda mulai dari hobi kreatif ini:

  • Bisnis print on demand.
  • Freelance.
  • Jualan di marketplace.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan

Hal pertama yang wajib dimiliki tentu saja alat desain dan menggambar. Tergantung spesialisasi Anda, alat yang dibutuhkan bisa bermacam-macam, mulai dari buku gambar, cat air, pensil, hingga drawing pad dan printer.

Desainer grafis juga membutuhkan software desain untuk memoles hasil karya menjadi lebih detail dan optimal.

Selain itu, pertimbangkan untuk investasi meja adjustable dan kursi kerja ergonomis agar Anda bisa bekerja lebih nyaman sekaligus menjaga kesehatan leher dan punggung.

6. Hobi programming

Dari semua hobi yang menghasilkan uang di artikel ini, hobi programming atau coding tampaknya menjadi yang paling challenging dan tricky. Bagaimana tidak, butuh ketelatenan dan waktu cukup lama untuk mempelajari skill ini.

Nah, untuk Anda yang hobi utak-atik baris kode, ada banyak nih peluang bisnis yang bisa dicoba.

Cara menghasilkan uang dari hobi programming

Berikut ini ide bisnis untuk Anda yang punya hobi programming:

  • Membuat aplikasi.
  • Membuka kursus coding.
  • Ikut kompetisi.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan

Pertama-tama, Anda perlu memiliki komputer yang kompatibel dengan berbagai aplikasi pemrograman. Pastikan pula kapasitas storagenya cukup, prosesor minimal Intel Core i3, dan keyboard yang memadai.

Jika sudah menemukan komputer yang tepat, jangan lupa untuk melengkapinya dengan software programming seperti Linux, SQL, dan text editor.

Terakhir, Anda butuh kesabaran untuk mempelajari, mengembangkan skill coding, hingga mulai mendapatkan uang dari hobi ini.