HUT RI PEMKAB HALSEL

6 Desa di Kecamatan Bantarsari, Diverifikasi ODF

PilarAktual.com Cilacap Jateng.
Bertempat di Pendopo Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, telah dilaksanakan kegiatan “Pembukaan Verifikasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Open Defecation Free (ODF) Desa Bantarsari, Rawajaya, Kamulyan, Bulaksari, Kedungwadas dan Desa Citembong Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap tahun 2021”, Rabu (22/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap yang diwakili Kasi Kesehatan Lingkungan Tri Sabdono, Camat Bantarsari Drs. Hari Winarno, M.Si Danramil 09/Kawunganten diwakili Serma Suwarno beserta Babinsa wilayah Kecamatan Bantarsari dan Kapolsek Iptu Supriyanto beserta Bhabinkamtibmas.

Juga hadir Kepala UPTD Puskesmas Bantarsari Suwono, S.KM beserta Bidan Desa, Kepala Desa Bantarsari, Rawajaya, Kamulyan, Kedungwadas, Cikedondong, Kedungwadas dan Citembong, Ketua Tim Penggerak PKK Desa serta Tim Sanitarian dari 13 Puskesmas.

Dalam sambutannya, Camat Bantarsari mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kehadiran Tim Verifikasi ODF Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap di Kecamatan Bantarsari, la juga memaparkan beberapa desa yang ada di wilayahnya yang telah bebas ODF.

“Kegiatan hari ini sangat penting, sebagaimana program Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cilacap. Di wilayah Kecamatan Bantarsari dari 8 Desa, baru 2 Desa yang bebas ODF dan target 6 Desa akhir Desember sudah bebas ODF,” Paparnya.

Apapun rekomendasinya nanti setelah pelaksanaan verifikasi akan kita perbaiki bersama,” Tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap melalui Kasi Kesehatan Lingkungan Tri Sabdono menjelaskan, ODF merupakan tanggung jawab kita semua termasuk semua OPD di Kabupaten Cilacap, Pasi Ter Kodim 0703/Cilacap dan Kasat Binmas Polres sebagai Tim Sanitasi Kabupaten Cilacap.

“Selain untuk menurunkan angka Stunting di Desa, ODF sebagai Password untuk mengikuti setiap perlombaan, adapun Verifikasi ini bukan lomba tapi bentuk pencocokan data yang dilaporkan oleh UPTD Puskesmas Bantarsari,” Jelasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan verifikasi ODF ke Desa Bantarsari, Rawajaya, Kamulyan, Bulaksari, Kedungwadas dan Desa Citembong dengan hasil verifikasi, secara umum 6 Desa bisa dinyatakan bebas ODF tingkat Kecamatan, namun ada beberapa temuan yang harus segera diperbaiki dan di sosialisasikan ke masyarakat, dari semua itu, yang terpenting adalah perilaku masyarakatnya agar bebas ODF.

#(Sugeng.S/Urip)