Polres Ternate Himbau Masyarakat Patuh Terhadap Aturan Lalulintas

  • Whatsapp

TERNATE, PilarAktual.com — Kapolisian Satuan lalu lintas Polres Terante menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Ternate, terus mentaati atuaran lalu lintas dalam berkendara baik itu roda dua maupun roda empat.

” Himbauan ini, bagi para pengendara motor baik roda dua dan roda empat, tetap patuh dan taat pada aturan berlalu lintas, lebih baiknya tidak usah melanggar aturan disana ada (APIL) alat pemberi syarat traffic light,” Kata Kasat Lantas Polres Ternate, AKP Setiaji Nor Atmojo saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (17/6/2021)

Bacaan Lainnya

Setiaji pun menyebutkan, biasanya kalau masyarakat itu disaat hujan lampu normal kuning masih di terobos, karena masih takut terkena hujan. Untuk itu dari alhasil kemarin ada kejadian kecalelakan untungnya tidak apa-apa.

” Kami himbau kalau memang sudah ada lampung dan ada syarat lampunya kuning tetap ikuti apilnya alat pemberi syarat lalulintas, karena namanya juga alat Lalu lintas, baik itu rambu-rambu juga ada yang melarang kita untuk masuk, kalau sampai dia menerobos dan melawan arus akan berpotensi kecelakaan,” Harapnya.

Kemudian lajut Setiaji menuturkan, larang parkir sembarangan dapat menghambat arus lalu lintas dan kemacetan masyarakat juga terganggu aktifitas dan terus perlengkapan administrasi juga harus di awasi baik STNK, surat kendaran beli harus lengkap jangan di modifikasi dan jangan menggunakan kenalpot racing drowm.

“Karena masyarakat juga suda banyak yang mengeluh dan merasa terganggu waktu istirahatnya yang kurang jelas, olehnya itu masyarakat harus tetap mematuhi aturan berlalu lintas, karena penyebab terjadinya kecalelakan atau lakalantas berawal dari tingkat pelanggaran,” Pintahnya.

Setiaji juga menyampaikan, jelasnya kita akan tindak tegas yang masih menggunakan kenalpot racing, karena masyarakat sudah jenuh dan bosan karena susahnya masyarakat beribadah dan beristirahat dan itu juga sumber terjadinya ngebut-ngebutan anak-anak di bawah usia.

” Kalau naik motor racing pasti ugal-ugalan dan kita tindak tegas kalau memang masih ada kendaraan yang menggunakan kenalpot racing,”Ujarnya.

Disentil soal meningkatnya lakalantas di kota Ternate dari tahun 2020 ke 2021, Namun Perwira yang berpangkat tiga balak itu pun menyampaikan, perbandingan tahun 2020 dan di 2021 dari bulan januari sampai pada bulan Juni ini, masih tetap stabil dan tidak Vorkulasi yang meningkat secara dramatis.

“Memang kita tetap burupaya untuk memalinisir terjadinya kecelelakaan dengan cara kita memberikan himbauan kepada masyarakat melalui selebaran atau spanduk, supaya masyarakat juga memahami arti penting keselamatan dalam berlalulintas,” Ucpanya.

Dia (Setiaji) menyampaikan, memang saya lihat tahun ini dan tahun kemarin tidak terjadi verkulasi kasus laka yang meningkat nggak masih standar kalau kemarin sekitar empat sekarang juga masih empat berbagai macam feriasi lakalantas ada yang motor dengan motor, ada mobil dengan motor, motor dengan pejalan kaki, serta ada juga motor dengan truk.

Dia menambahkan, Data tilang satuan lalu lintas kota ternate (Satlantas) Polres Ternate dari tanggal 01 bulan Junuari 2021 sampai dengan pada tanggal 01 bulan Juni 2021
sebnayak 2.158

” Terdiri dari operasi tilang kendaraan roda dua sebnayak, 2.122 dan kendaraan roda Empat sebanyak 33, Dan roda enam (R6) 3,” Jelasnya.

Untuk hasil teguran terhadap pelangaran berlalu lintas atau melawan arah sebanyak, 1.349.

” Hasil teguran lalu lintas sebanyak 1.349,” pungkasnya. (Red)