Yonarmed 16 Lakukan Patroli PPKM dengan Humanis

  • Whatsapp

Landak,Pilaraktual.com -Menyikapi himbauan Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa tentang adanya masyarakat yang terpapar virus corona akibat mulai kendornya kesadaran masyarakat dalam penerapan Protokol Kesehatan (Prokes). Dalam hal ini Yonarmed 16/Komposit yang tergabung dalam Satgas Covid-19 melaksanakan patroli PPKM skala mikro di wilayah Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak.

Sebelum melaksanakan patroli, Satgas Covid-19 terlebih dahulu melakukan apel gabungan di depan Kantor Bupati Landak yang diikuti dari Polres Landak, Satpol PP dan Dinas Kesehatan serta relawan pada Jum’at (21/5).

Bacaan Lainnya

Disampaikan Danyonarmed 16, Letkol Arm Yoga Permana, S.Sos, kegiatan tersebut menindaklanjuti arahan Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa saat menyampaikan sambutan pada apel pembukaan penerapan PPKM skala mikro di wilayah Kab. Landak khususnya Kec. Ngabang.

“Patroli akan terus dilakukan baik siang maupun malam hari, dengan mendatangi tempat-tempat keramaian seperti, cafe, rumah makan, swalayan, pasar dan tidak menutup kemungkinan tempat keramaian lainnya,” kata Danyon.

Ia menambahkan, Yonarmed 16 sebagai unsur TNI-AD yang tergabung dalam Satgas gabungan PPKM skala mikro ikut mengerahkan personelnya dalam mendukung kebijakan pemerintah, khususnya pemerintah Kab. Landak yang bertujuan menekan laju penyebaran virus Covid-19.

“Kami bersama instansi lainnya akan memberikan tindakan bagi pelaku yang tidak mengindahkan protokol kesehatan berupa tes swab di tempat oleh petugas kesehatan,” tambahnya.

Ia juga menekankan kepada personelnya agar bersikap humanis dalam melaksanakan patroli dan memberikan himbauan menerapkan 5M agar masyarakat dapat mengerti dan memahami serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat berpatroli, Satgas menemukan salah satu warga yang tidak menerapkan Prokes a.n Nuri Salamah dan langsung dilakukan tes swab.

Usai melakukan tes swab, Nur Salamah berjanji tidak akan mengulangi tindakan mengabaikan Prokes.

“Sebenarnya himbauan tentang penerapan Prokes ini sudah saya ketahui akan tetapi saya tidak mengindahkannya, ternyata tidak enak ditusuk-tusuk hidung, mulai sekarang saya akan melaksanakan anjuran pemerintah dan mematuhi Prokes demi kesehatan saya sendiri juga dan keluarga saya di rumah,” ungkapnya.(Mia/Kodam XII Tpr)