TNI AL BANTU WARGA YANG TERTIMPA BENCANA

  • Whatsapp

Manado, Pilaraktual com – TNI Angkatan Laut mengerahkan salah satu Pos TNI AL (Posal) jajaran Lantamal VIII yakni Posal Atep Oki untuk membantu warga masyarakat yang tertimpa bencana banjir dan tanah longsor di Ratahan, Minahasa Tenggara. Selasa (21/9/2021).

Banjir dan tanah longsor tersebut mengakibatkan beberapa rumah hanyut serta pepohonan tumbang sehingga menutupi jalan dan saluran air.
Adapun lokasi dan warga yang terdampak banjir dan tanah longsor di wilayah kecamatan Ratahan, Minahasa Tenggara meliputi Kelurahan Pango, Kelurahan Nataan dan Kelurahan Wioi.

Bacaan Lainnya

Komandan Lantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., ketika mendengar hal tersebut segera memerintahkan Posal Atep Oki yang berjarak lima puluh kilometer dari lokasi kajadian untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa bencana.

Setelah tiba dilokasi kejadian Posal Atep Oki bersama Kodim 1302/Min, Polres Ratahan, Brimob Polda dan Basarnas Sulut membantu masyarakat dengan melakukan pembersihan akses jalan, menyingkirkan tumpukan kayu yang menutup saluran air di jembatan dengan menggunakan alat berat.

Sampai saat ini Bantuan yang sudah diterima masyarakat berupa air bersih dan logistik dari dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Ratahan.

Menurut Danlantamal VIII aksi terhadap tanggap bencana ini merupakan wujud kepedulian TNI AL dalam hal ini Lantamal VIII kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan bantuan segera.

TNI AL harus hadir ditengah masyarakat walaupun masih dalam situasi pandemi yang belum berakhir, tentunya dengan tetap menjaga disiplin serta menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan termasuk memberikan bantuan terhadap korban bencana, ujar Danlantamal VIII.