STQ Ke 26 Resmi di Buka,”Bupati Halsel Ini Momen Bersejarah Diakhir Kepemimpinan BK-IS”

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com — Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXVI (26) tingkat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut) tahun 2021 resmi digelar. Acara STQ ini dibuka langsung oleh Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, Pada Kamis (11/21) malam yang bertepat di Pondok Pasantren Desa Wayaua Kecamatan Bacan Timur Selatan.

Dalam pembukaan STQ Ke 26 Halsel juga dirangkaikan dengan Isra Mira’j 1442 Hijria dengan mengusung Tema “Dengan STQ ke 26 tingkat kabupaten Halsel kita wujudkan rasa generasi cinta Al-Qur’an dalam membangun Halmahera Selatan penuh berkah”.

Bacaan Lainnya

Pantauan media Pilaraktual.com dilapangan.  Bupati Halsel Bahrain Kasuba dalam sambutannya mengatakan, STQ yang ke 26 di tahun 2021 ini, merupakan momentum yang sangat bersejarah bagai dirinya bersama wakil Bupati Iswan Hasjim. Sebab dengan pelaksanaan STQ ini adalah merupakan ahir dari penghujung masa kepemimpinan kami.

” Jadi pembukaan STQ ke 26 tepatnya di Desa Wayaua kecamatan bacan selatan, merupakan ahir perjalanan kami sebagai bupati dan wakil bupati di bumi saruma ini,” Kata Bupati Halsel Bahrain Kasuba Didampingi Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasim, Jumat (12/3/2021)

Foto Istimewa: Pembukaan STQ Ke 26 Di Desa Wayaua Kecamatan Selatan kabupaten Halsel,(Foto/fr)

Selain itu Bupati Halsel Bahrain kasuba menuturkan, Pihaknya berterima kasih kepada masyarakat halmahera selatan selama ini. Dimana, dirinya telah diberikan kepercayaan yang besar untuk menjadi pelayan di bumi saruma walaupun hanya sebatas lima tahun memimpin.

“Selama kepemimpinan kami BK-IS, Kami sadari masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan yang kami miliki. Tetapi dimasa kepempinan kami tidak sedikit juga meraup prestasi pembangunan di Halmahera Selatan,” ucap Bahrain dengan berpesan semoga Halsel kedepan lebih baik lagi.

Tidak hanya Prestasi tersebut lanjut Bahrain, masih banyak lagi yang mereka dapat meraup sala satunya penyelesaian gerbang ekonomi Halmahera Selatan, pendidikan dan fasilitas kesehatan.

“Diahir jabatan dan awal tahun 2021
ini, pasar Moderen dan Mall yang terintegrasi dengan fasilitas penunjang dan fasilitas olahraga, baik infastruktur jalan panambuang ke kota Labuha serta memberikan beasiswa kedokteran kepada 24 putra-putri di kabupaten Halsel, baik menempuh pendidikan di daerah maupun di luar daerah akan diselesaikan,”ujar Bahrain. Sembari mengucapkan “Selamat datang kepada peserta STQ di Desa Wayaua, dan selamat perkompotisi”

Sementara Ketua lembaga pengembangan tilawatil Qur’an Helmi Surya Botutihe, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan STQ yang ke 26 ini dengan menghadirkan seluruh peserta di Halmahera Selatan sebanyak 186 peserta yang didampingi 300 official di 30 kecamatan Halmahera Selatan.

Menurutnya Helmi, dalam peserta tilawah terdiri dari lomba tilawah anak dinataranya putra 25 orang, putri 24 orang. Sedangkan tilawah dewasa putra sebanyal 26 orang putri 18 orang.

Kemudian untuk tahfidz 1 jus putra 20 orang, dan puti 24 orang. Sedangkan tahfidz 5 jus putra sebanyak 17 orang, putri sebnayak 15 orang. Dan tahfidz 10 jus putra sebnayak 8 orang, putri 4 orang. Tahfidz 20 jus putra 2 orang, putri 2 orang, sementara untuk tahfidz 30 jus hanya 1 orang putra.

“Masing-masing peserta putra sebanyak 99 orang, putri 87 orang,”katanya.

peserta tiwalah yang ikut berkompetisi dalam STQ ini, dalam rangka untuk mencari yang terbaik dari jenis mata lomba yang yang dilombakan untuk kemudian akan dikirimkan ke STQ tingkat Provinsi Maluku Utara.

Oleh sebab itu seleksi STQ ke 26 ditingkat Kabupaten ini, kami harapkan yang terbaik, untuk bisa mewakili Halmahera Selatan ke tingkat Provinsi Maluku Utara, ujarnya

Sekedar diketahui, Prosesi pelantikan Dewan Hakim STQ ke-26 dilantik oleh Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe. MM. Dan Pembukaan STQ yang ke 26 ini, dihadiri wakil bupati Halsel Iswan Hasjim, MT., DPRD Halsel, Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe, Dandim 1509/Labuha Inf Untung Prayitno, Kapolres Halsel AKBP. Muhammad Irvan, Danramil 1509-01/Bacan, Inf Aga Galela, Kapolsek Bacan Timur, serta seluru SKPD Kabupaten Halmahera selatan. (PL/ADV)