Sosok Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor

  • Whatsapp
Sosok Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor
Foto: M. Yunus PBA, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor

Profil, PilarAktual.com – Pemuda Pancasila adalah sebuah organisasi paramiliter Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959, sejak tahun 1981 dipimpin oleh Japto Soerjosoemarno.

Ini dibentuk dari gangster politik semi-resmi (preman) yang mendukung kediktatoran militer Orde Baru Soeharto. Nama ini mengacu pada Pancasila, “lima prinsip” resmi dari negara Indonesia.

Bacaan Lainnya

Pemuda Pancasila memainkan peran penting dalam mendukung kudeta militer Suharto pada tahun 1965: mereka menjadi pasukan kematian bagi tentara Indonesia, menewaskan satu juta atau lebih yang dituduh komunis dan Tionghoa-Indonesia di seluruh Provinsi Sumatra Utara, seperti yang dijelaskan dalam film dokumenter Jagal 2012.

Dalam film dokumenter tersebut, dinyatakan bahwa organisasi saat ini memiliki tiga juta anggota. Perkiraan keanggotaan nasional dari akhir 1990-an berkisar 4-10.000.000 orang.

Salah satu putra terbaik Indonesia yang juga menjabat sebagai ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor yang berkantor di Gedung KNPI jalan tegar beriman yang dipimpin oleh M. Yunus PBA.

Yunus PBA adalah sosok figur seorang yang sangat berpengaruh di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, beliau punya gaya dan ciri tersendiri untuk memimpin Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Pancasila Khususnya Kabupaten Bogor.

Ditangannya Organisasi Pemuda Pancasila berkembang dengan pesatnya dan disegani oleh ormas lainya.

Kepada awak media ini, dirinya berharap kepada semua jajaran pengurus agar selalu bekerja sama dan bersinergi dengan segala lapisan dan Ormas lain yang ada di Kabupaten Bogor dan berguna untuk membantu masyarakat yang memerlukan bantuan.

“Ormas Pemuda Pancasila harus bisa menjaga Pancasila sebagai harga mati Indeologi Negara Kesatuan Republik Indonesia, ” ungkapnya. (*)

Pos terkait