Siapkan SDM Terampil, Bupati Batu Bara Buka Program Pelatihan Berbasis Kompetensi

  • Whatsapp

BATU BARA, PilarAktual.com – Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M.AP membuka Program Pelatihan Berbasis Kompetensi, guna untuk meningkatkan skill tenaga kerja dan produktivitas.

Pelatihan ini bekerjasama antara Pemkab Batu Bara melalui UPTD Balai Latihan Kerja Disnaker Kabupaten Batu Bara dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan. Yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka, Selasa (21/09/2021).

Bacaan Lainnya

Turut hadir BBPLK Medan yang diwakili oleh Juni Siahaan,MM, Wakil Ketua FKLPI Medan Julianus Ginting, Ketua FKLPI Batu Bara Ahmad Muzawir, S.Sos, M.Si, Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Edwin Aldrin Sitorus A.Mk, S.Sos, SE.M.Si dan DPRD Batu Bara Darius, SH, MH.

Pelatihan ini diikuti oleh 64 peserta yang berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Batu Bara, yang nantinya akan dilatih di empat jurusan pelatihan yaitu pelatihan menjahit, pelatihan pengelasan, pelatihan otomotif dan pelatihan komputer. Pelatihan berlangsung selama 32 hari.

Bupati Batu Bara Zahir mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan SDM di Kabupaten Batu Bara, menjadi pekerja yang terampil. Hal ini karena banyak pelamar kerja dari Kabupaten Batu Bara yang tidak diterima oleh perusahaan-perusahaan karena kurangnya keterampilan. Sehingga diharapkan dari kegiatan ini, semua peserta yang ikut pelatihan dapat diterima di perusahaan tanpa tes, karena mereka sudah memiliki sertifikat dari Balai Pelatihan Kerja yang diketahui oleh Pemerintah Kabupaten.

Bupati Batu Bara memotivasi peserta yang mengikuti pelatihan dengan cara memberikan modal usaha bagi peserta terbaik pada masing-masing jurusan.

Dengan adanya kegiatan ini mudah – mudahan dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Batu Bara,” tutup Bupati Batu Bara Zahir. (RED)

Pos terkait