PPK Proyek Ruas Jalan Rum, Dimintai Keterangan Penyidik Kejati Malut

  • Whatsapp

TERNATE, PilarAktual.com — Kabid Bina Marga Provinsi Maluku Utara yang juga selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek ruas jalan Kelurahan Rum dan Rum Balibunga, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan Daut Ismail dimintai keterangan oleh Tim Penyelidik Intelijen Kejaksaan Tinggi Maluku Utara.

DI dimintai keterangan terkait proyek ruas jalan Kelurahan Rum dan Rum Balibunga, Kecamatan Tidore Utara tahun 2020 yang diduga bermasalah.

Bacaan Lainnya

Pantauan media PilarAktual.com dikantor Kejaksaan Tinggi Maluku Utara siang tadi, Senin (15/3/2021) Daut Ismail datang ke Kantor Kejaksaan yang beralamat di kelurahan stadion Kota Ternate tengah itu sekitar pukul 14:30 WIT. Ia datang mengenakan kameja berwarna putih dan celana Jeans Warna hitam. selanjutnya menuju ke Ruangan penyidik untuk dimintai keterangan.

Setelah usai dimintai keterangan DI, keluar dari Kantor Kejaksaan Tinggi sekitar pukul 16:10 WIT.

Sementara inisial DI saat disambangi wartawan mengemukakan bahwa kedatanganya di kantor Kejati Maluku Utara hanya menemui Kasi C, guna untuk klarifikasi pembangunan jalan rum.

“Jadi saya datang untuk klarifikasi terkait pemberitaan yang ada sekaligus penjelasan sejauh mana kegiatan yang ada. karena kemarin ada pemberitaan bahwa anggaran 10,6 Miliar seolah-olah hanya dikerjakan ruas Jalan Rum balibunga saja, Namun itu tidak benar,”Ungkapnya.

Menurutnya, pekerjaan tersebut merupakan non sekuen,”Artinya ada beberpa item pekerjaan termasuk ruas jalan tidore yang diantaranya 1.2 kilo di ruas jalan hutan saifuddin tepatnya desa rum balibunga dan 2,3 kilo jalan di franskasivo.

Selain itu, 32 jembatan penggaran rutin, 9 jembatan dalam bentuk pemeliharaan berkala dan 1 jembatan rehabilitasi. Sehingga ditotalkan kurang sekitar 7 item itu dalam 1 kontrak dengan total anggaran kurang lebih 10,6 Miliar.

“Jadi kami laksanakan sesuai kontrak. tidak hanya jalan rum balibunga. Namun ada beberpa item pekerjaan,”Imbuhnya.

Terpisah Kasipenkum Kejati Malut, Richard Sinaga Saat dikonfirmasi membenarkan perihal kedatangan PPK proyek ruas Jalan Rum tidore berinsial DI itu.

“saya koordinasikan ke kasi C ternyata benar bahwa DI datang untuk dimintai keterangan soal proyek ruas jalan rum dan Rum Balibunga, Kecamatan Tidore Utara,”Singkat Richard. (PL/red)