Penanganan Covid 19, Halmahera Selatan sudah masuk Level Dua

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com Penanganan Covid 19 di provinsi Malauku Utara saat ini, ada dua kabupaten kota yang suda masuk pada level dua, sala satunya di kabupaten Halmahera Selatan. Ini sesuai dengan hasil instruksi Kemendagri nomor 37 pertanggal 24 Agustus tahun 2021.

Hal ini disampaikan, Sekertaris Dinas kesehatan (Dinkes) usai rapat bersama
dengan Sekertaris daerah (Sekda) serta Forkopimda Kabupaten Halmahera Selatan. Rabu (01/08/2021).

Bacaan Lainnya

Sekertaris Dinkes Halamahera Selatan, menegatakan, keputusan Bupati Halmahera Selatan tentang pemberlakuan jam pembukaan restoran dan Rumah makan, namun kesepakatan kami bahwa boleh di buka, tapi di batasi waktu sampai jam 10 malam.

“Kami bersepakat ruma makan dan restoran boleh di buka, namun di batasi waktu sampai jam 10 malam, tapi tetap menggunakan protokol kesehatan,” Kata Chairil Toloa saat di temui wartawan usai rapat bersama Forkopimda.

Selain itu, menyangkut pengawasan, Pemberlakuan ini selanjutnya tugas tim satgas kabupaten Halmahera Selatan untuk melakukan pengawasan disetiap ruma makan dan restoran serta tempat-tempat hiburan malam.

“Baru restoran dan rumah makan yang di ijinkan di buka, tapi dibatasai waktu sampai jam 10 malam, Kemudian untuk di tempat – tempat hiburan malam tidak di perbolehkan di buka,” Ujarnya.

Dijelaskan Chairil, Untuk kabupaten Halmahera Selatan saat ini kasus positif Covid 19, itu suda menurun, terahir jumlah pasien isolasi mendiri baik di ruma maupun rumah sakit dan Rusunawa, tinggal 47 orang.

“Dulunya pasien dengan Ratusan yang terisolasi dan Alhamdulillah sekarang tinggal 47 orang,” Jelasnya.

Chairil menambahkan, dengan turun angka Covid 19 hingga sampai level 2, Dinas kesehatan kabupaten Halmahera Selatan akan berkordinasi dengan bupati dan sekertaris daerah Halsel, untuk melakukan proses penanganan lanjutan.

“Karena target yang diberikan kementrian kesehatan terhadap pemerintah kabupaten Halmahera Selatan kurang lebih 188 ribu 754, itu target terbaru oleh pemerintah daerah. Hanya saat ini kita baru mencapai 16,6 persen,” Ucapnya.

Dia berharap kepada masyarakat agar terus terapkan protokol kesehatan, seperti cuci tangan, pakai masker, menjaga jarak. Kemudian untuk masyarakat belum di vaksin, agar diminta kesedihannya Agara dapat divaksin.

“Karena memang untuk penyediaan vaksinasi ini, kami dari Dinas kesehatan sudah sebarkan tim Vaksin di 30 puskesmas di Halmahera Selatan,” Harapannya. (Red)