HUT RI PEMKAB HALSEL

Pembinaan Linmas Ujunggagak Tumbuhkan Peran Serta dan Kesiapsiagaan Bencana Alam

PilarAktual.com Cilacap Jateng.
Tumbuhkan peran serta dan kesiapsiagaan dalam penanganan bencana alam di wilayahnya, Pemerintah Kecamatan Kampunglaut bekerjasama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas Ujunggagak melaksanakan pembinaan terhadap anggota Linmas Desa Ujunggagak Kecamatan Kampung Laut, Kamis (9/12/21).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Ujunggagak ini, dihadiri Kasi Trantibum Kecamatan Kampung Laut Haryanto, S.IP, Babinsa Ujunggagak Koramil 09/Kawunganten Serda Suparjo Angsari, Babinkmtibmas Bripka Rubangi, SH, selaku Narasumber, serta Kades Ujunggagak Juwandi dan para perangkatnya.

Dalam penyampaiannya, Kasi Trantibum Kampung Laut Haryanto, S.IP menjelaskan bahwa dalam kebencanaan, tidak hanya bencana alam saja namun ada bencana non alam. Salah satunya yaitu pandemi Covid-19 seperti saat ini yang sudah melanda kurang lebih 2 tahun.

“Desa dalam wilayah Kecamatan Kampung Laut semuanya rawan bencana, 4 (empat) desa rawan banjir,” Jelasnya

Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan pembinaan terhadap anggota Linmas yang diantaranya adalah guna menumbuhkan peran serta Linmas dalam penanganan bencana alam yang ada di wilayahnya.

“Pembinaan ini akan memberikan pencerahan, pemahaman, wawasan dan pengetahuan terutama sekali yang berkaitan dengan Kelinmasan, dengan adanya pembinaan ini harapannya mampu menumbuhkan peran serta dan tanggung jawab dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana, terbentuk Forum Bencana, mampu menumbuhkan kelompok peduli bencana dan mampu membuat laporan dengan cepat dan tepat,” Tandasnya.

Lain halnya dengan apa yang disampaikan Babinsa Serda Suparjo Angsari dari Koramil 09/Kawunganten, selaku Aparat TNI dan Aparat Kewilayahan, dia menjelaskan tentang bela negara, tentang jiwa nasionalisme serta peran serta setiap warga negara dalam upaya pertahanan negara.

“Bela Negara tidak hanya tanggung jawab TNI, namun semua warga negara wajib membela negara baik dalam keadaan perang maupun non perang, untuk itu jiwa nasionalisme jangan sampai merosot termasuk didalamnya Linmas. Linmas mempunyai peran strategis dalam melaksanakan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta perlindungan masyarakat dalam upaya pertahanan negara,” Jelas Serda Suparjo.

Sementara itu, Babinkantibmas, Bripka. Rubangi, S.H dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota Linmas Desa Ujunggagak, yang tetap masih semangat dalam pengabdian, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban serta membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pihaknya mendorong kepada anggota Linmas agar dalam kegiatan Kamtrantib di lingkungannya masing-masing tetap terjaga dengan baik. Selain itu, dia juga mengusulkan agar diadakan lomba PBB bagi anggota Linmas dan juga kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya yang bisa menggali kesejahteraan Linmas

Diakhir kegiatan, dilanjutkan latihan PBB dan foto bersama.

#(Sugeng.S/Urip)