Panitia Musyawarah Kerukunan Keluarga Besar Makayoa Halsel Terbentuk

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com – Rapat perdana pembentukan panitia Musyawarah Kerukunan Keluarga Besar Makian Kayoa (KKB-Makayoa) Kabupaten Halmahera Selatan digelar di Caffe Fatimah Desa Tomori Kecamatan Bacan, pada Jum’at (03/9/2021)

Pembentukan panitia ini, diinisiatif oleh sesepuh Makayoa lewat kordinator Mansyur Abdul Fattah, kepada wartawan mengatakan.

Bacaan Lainnya

Rapat pembentukan panitia Musyawarah, berkat dukungan sesepuh Makayoa sehingga mengadakan pertemuan guna pembentukan panitia Musyawarah agar mengkordinir semua masyarakat Makayoa di kabupaten Halmahera Selatan.

“Alhamdulillah, rapat perdana Keluarga besar Makayoa dapat menyetujui dan melahirkan kata sepakat demi melanjutkan organisasi kerukunan Makayoa di Halsel, apalagi panitia Musyawarah telah terbentuk, semoga langkah ini menyatukan semua keluarga Makayoa,” Ujar Mansyur.

Foto Istimewa: Keluarga Makayoa Halsle

Ketua Panitia Musyawarah KKB-Makayoa, Muhlas Djafar, menambahkan, Kerukunan Keluarga Besar Makayoa ini, pernah suda sudah lama dibentuk, namun berjalannya waktu KKB-makayoa ini mandet, maka panitia Musyawarah ini kembali dan bertujuan melakukan pemilihan ketua dan kepengurusan baru untuk menjalankan roda organisasi.

Dijelaskan Muhlas, pasca terbentuknya panitia Musyawarah selanjutnya seluruh sesepuh termasuk Bupati Usman Sidik juga akan didatangi untuk dikoordinasikan guna mendukung dan menyukseskan musyawarah pemilihan ketua KKB-Makayoa di Halsel.

“Rapat pembentukan panitia, saya dipercayakan Ketua Panitia Musyawarah dan Fahri Husen sebagai Sekertaris, usai rapat kami akan menyusun struktur panitia selanjutnya semua sesepuh Makayoa di Halsel termasuk Bupati Usman Sidik dikoordinasikan untuk menyukseskan musyawarah ini,” Katanya.

Lebih lanjut menurut Muhlas, perjalanan kerukunan ini sudah berdiri sejak tahun 2005 namun hanya berlangsung periode pertama 2005-2010 setelah itu fakum (mandet) kurang lebih 15 tahun lamanya, sehingga dengan momentum baik serta dorongan para sesepuh Makayoa dan mendesak agar menghidupkan wadah ini kembali di Halsel.

“Berkat desakan sesepuh Makayoa, sehingga kami tokoh masyarakat Makayoa hadir mengelar rapat membentuk Panitia Musyawarah KKB-Makayoa, semoga keluarga besar Makayoa yang tersebar di Halsel juga partisipasi mendukung agenda ini,” Harap muhlas sapaan akrab Lasto.

Hal Senada yang sama disampaikan Sekertaris Panitia KKB-Makayoa, Fahri Husen, mengharapkan semua sesepuh dan Ormas Makayoa turut andil merespon dan mendukung persiapan musyawarah yang bakal dilaksanakan nanti.

“Semoga organisasi pemuda dan masyarakat etnis Makayoa turut merespon dan mendukung persiapan musyawarah hingga hadir menyukseskannya,” Pintah Fahri.

Sekedar diketahui,turut hadir beberpa orang sesepuh Makayoa Halsle yang menduduki jabtan di esalon III, IV dan II yakni, kepala dinas Pendidikan, kepala kesbangpol dan Sekertaris dinas DPMD, Kabid Fispra dan Keluarga Makayoa.(Red)