Koramil Jailolo/Kodim 1501 Ternate Dan Polisi, Amankan Dua Kelompok Pemuda Desa Nyaris Perkelahian

  • Whatsapp

TERNATE, Pilaraktual.com Dua Sekelompok Pemuda asal Desa Jalan Baru dan Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara nyaris terjadi perkelahian. Atas perkelahian kedua kelompok tersebut Aparat Babinsa Hate bicara Sertu Lahmudin Koramil 03/Jailolo Kodim 1501/Ternate bersama Bhabinkamtibmas dan pemerintah Desa langsung mengamankan situasi di Tempat kejadian perkara (TKP).

Menurutnya, sekelompok sekitar 20 orang asal Desa Jalan baru dan Desa Gamlamo mengendari sepeda motor dengan knalpot resing dan saling berbocengan dengn ugal-ugalan sekitar pukul 23.00 wit saat warga Desa Hatebicara sedang melaksanakan baca Al Quran ( tadarus ) di mesjid Muhajirin. Namun tetap saja sekelompok pemuda itu terus melintasi di samping masjid Muhajirin sehingga warga memalang jalan dengan menggunakan kayu balok dan merekapun berhenti serta diberikan peringatan pemuda asal desa tersebut.

Bacaan Lainnya

Foto Istimewa warga berkumpul

Meski demikian, Pemuda asal Desa itu setelah diberi peringatan oleh warga Desa Hatebicara, Tetapi mereka bukannya kembali malah melanjutkan perjalanan dengan ke arah lapangan Sasadulamo dengn mengejek dan memainkan gas sepeda motor.

Dari prilaku itulah tak lama kemudian beberapa anak-anak muda umur belasan tahun dari Desa Hatebicara yang duduk-duduk nongkrong di pinggir jalan depan hotel D’Hook meneriaki sekelompok pemuda yang mengendarai sepeda motor dengan suara resing, dengan sepontan sekelompok pemuda itu langsung berhenti.

Mereka pun mendekati salah satu anak yang berusia belasan tahun tanpa basa basi langsung melakukan pemukulan inisial A umur 13 tahun asal Desa Hatebicara, sehingga membuat warga yang ada di sekitar TKP berteriak dan terjadi konsentrasi massa dari warga masyarakat Desa Hatebicara di sekitar depan hotel D’Hook.

Melihat massa yang begitu banyak, sekelompok pemuda desa itu panik dan langsung memutar sepeda motornya kembali melarikan diri namun naas salah satu pemuda yang mengendarai sepeda motor sempat terjadi tabrakan seorang warga dan terjatuh sehingga dua sepeda motor ditinggalkan dan pengendara pun langsung melarikan diri, karena di kejar massa beruntung tidak tertangkap dan warga yang di tabrak hanya memar di kaki kiri.

” Dengan adanya kejadian tersebut warga melaporkan kepada Babinsa Sertu Lahmudin yang saat itu sedang bersama warga melaksanakan tadarus di masjid Muhajirin dan Babinsa pun memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa Jalan Baru Sertu Ibrahim Ngofangare dan aparat Desa dengan cepat turun ke TKP dan langsung melaporkan ke Polsek Jailolo. Selanjutnya mereka pun mengimbau Kepada masyarakat untuk kembali ke rumah masing-masing,

Setelah situasi kondusif Polisi langsung membawa barang bukti dua unit sepeda motor milik pemuda asal Jalan Baru ke Polsek selanjutnya pihak Polsek mencari para pelaku dan menemukan tiga orang dan diamankan di Polsek. Sekaligus mengundang antara pelaku dan korban serta warga kedua Desa didampingi kedua aparat Desa Jalan baru dan Desa Hatebicara, sampai saat ini situasi masih tetap kondusif,” Ujar Koramil 03/Jailolo dalam keteranganya rilisnya. mingggu (18/4/2021)

Sementara Salah warga yakni Bapak Rais menyebutkan bahwa sekelompok pemuda tersebut dari kampung mana, bahkan kami pun tidak tau meraka.

Rais menyebutkan, Sejak awal bulan puasa bila cuaca tidak hujan sekelompok tersebut mereka dengan sepeda motor knalpot resing melakukan aksi jalan dengan ugal-ugalan dan main-main gas sehingga bukan hanya mengganggu aktifitas warga yang beragama muslim yang melakukan ibadah/tadarus di masjid. Namun meraka juga dapat meresahkan warga tetangga

” Apalagi mereka dengan sepeda motor melintas juga ke tengah perkampungan namun apabila di tegur langsung tancap gas kabur. Saya sangat berterima kasih kepada aparat Babinsa dan Babinkamtibmas atas sikap dnegan mengamankan mereka di TKP dan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk jangan terpancing sehingga kejadian ini dapat meluas,” Pungkasnya. (**)