Kadikbud Malut Lantikan Pengurus MKKS SMA-SMK di Halmahera Selatan

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com — Untuk meningkatkan integritas Guru di Halmahera Selatan, sebagai upaya mendorong kemajuan mutu pendidikan, pada Sabtu, (18/09) kemarin. Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara Imam Makhdy Hassan, gelar Pelatikan Pengurus MKKS.

Pelantikan MKKS SMA/SMK itu yakni, Ketua MKKS SMA Amir H Kaufua, S.PD MM dan Ketua MKKS SMK. Drs Samsudin Hamadin. MM. Priode 2020-2024, Pelantikan itu beralansing di gedung Sebaguna Labuha.

Bacaan Lainnya

Dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Halsel ini turut dihadiri wakil Bupati kabupaten Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba serta Kepala-Kepala Sekolah SMA/SMK se Halmahera Selatan.

Foto Istimewa: Kadikbud Malut Drs Imam Mahkdy Hassan membacakan Amanat atau sumpa Jabatan. (Hum)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Imam Makhdy Hassan usai acara pelantikan kepada media mengatakan bahwa pelantikan MKKS ini sebenarnya sudah direncanakan dari tahun kemarin, hanya molor dan baru dilaksanakan hari ini, ia menambahkan selain dari MKKS juga ada MGMP, yakni Musyawarah Guru Mata Pelajaran.

“Pelantikannya MKKS ini sudah direncanakan tahun lalu tapi baru dilaksanakan hari ini, dan selain MKKS ada juga MGMP,” Ujar Imam Makhdy.

Menurutnya pembentukan MKKS ini yang ke delapan dan hanya tersisa dua yang belum dibentuk yakni Pulau Morotai dan Halmahera Tengah, dan selain itu juga ada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) juga selama ini belum dibentuk oleh Dinas Pendidikan,

“Alhamdulillah MKKS Halsel sudah terbentuk tinggal menyusun program kerja, sementara tinggal dua daerah yang belum di bentuk yakni Pulau Morotai dan Halteng,” Tuturnya.

Sambungnya, bahwa setelah pembentukan di Halsel, akan dilakukan pembentukan pengurus MKKS Pulau Morotai dan selanjutnya Halmahera Tengah yang merupakan penutup dari sepuluh Kabupaten/Kota di Maluku Utara.

Dikatakannya pembentukan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja guru, peningkatan kualitas guru, serta meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Provinsi Maluku Utara.

“MKKS ini bertujuan meningkatkan kinerja dan kualitas guru, serta mutu pendidikan di seluruh Kabupaten/kota  di Maluku Utara,” Tandasnya.

Selain itu, Kadis Pendidikan juga mengatakan, bahwa pembentukan MKKS ini guna mengakomodir berbagai persoalan di sekolah baik itu masalah guru, mutu pendidikan dan Masalah siswa, sehingga MKKS akan bekerja semaksimal mungkin untuk memajukan pendidikan di Maluku Utara.

Termasuk akan dilaksanakannya pelatihan tata cara pengelolaan Dana Biaya Operasional Sekolah (BOS),  sehingga diharapkan kepada semua guru baik SMA atau SMK untuk saling bahu-membahu dalam meningkatkan mutu pendidikan di masing-masing Kabupaten/Kota.

“Saya berharap dengan dibentuknya MKKS ini secepatnya menyusun program kerja, agar bisa mengidentifikasi berbagai problem guna memajukan pendidikan,” Pungkasnya.

Foto Istimewa: Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba. (Hum)

Sementara Wakil Bupati Kabupaten Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba berharap kepeda pengurus MKKS SMK/SMA yang baru saja dilantik, agar bisa berkontribusi dalam dunia pendidikan untuk peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Halsel

“Saya ucapkan selamat kepada ketua MKKS terpilih beserta seluruh pengurus, dan tentunya tadi sesuai dalam kata-kata pelantikan, salah satunya memberikan kontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Halmahera Selatan ini,” Ucap

Wakil Bupati Halsel juga menekankan, terkait IPM Kabupaten Halsel yang saat ini di bawah rata-rata harus ada gerakan dari MKKS di seluruh sekolah.

Menurutnya, di dalam Undang-nungdang No 20 Tahun 2003 BAP ll pasal 3 bahwa, pendidikan nasional berfungsi untuk membenantuk kemampuan dan bentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Apalagi dengan berkembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang takwa kepada Tuhan yang maha esa.,” Jelasnya.

Ia juga saya mengucapkan selmat berkerja kepada bapak dan ibu kepla sekolah yang telah di Lantik sebagai pegurus musawarah kerja kepla sekola MKKS tingkat Kabupaten Kususnya di Kab, Halsel ini masa bakti 2021-2024. Tutupnya. (red)