Diduga Tercemar, DLH Boltim Akan Tes Kualitas Air Sungai Buyat

  • Whatsapp

PilarAktual.com, Boltim – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan menguji kualitas air Sungai Buyat yang diduga tercemar.

Holi Reza Pahlevi Ani selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran di DLH Boltim menuturkan, terakhir kali mengetes kualitas air sungai Buyat pada 2019.

Bacaan Lainnya

Kata dia, sepanjang 2020 DLH tidak pernah menguji kualitas air sungai-sungai di Kabupaten Boltim karena tidak ada anggaran untuk kegiatan itu.

“Dananya ada tapi dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Jadi 2020 pemantauan rutin kualitas air, termasuk di Sungai Buyat tidak dilakukan,” jelas Reza, usai memantau kondisi Sungai Buyat bersama beberapa anggota DPRD, Camat Kotabunan dan beberapa Sangadi Buyat Bersatu.

Namun untuk kasus terbaru ini, pihaknya memastikan akan menguji kualitas air Sungai Buyat karena kecurigaan terjadi pencemaran dan telah dilaporkan secara resmi oleh enam Sangadi ke dinasnya.

“Pada 2021 ada, kami siapkan anggaran pemantauan kualitas air sungai, tapi terbatas hanya pada sungai yang mengalami insiden lingkungan,” ungkapnya.

Insiden lingkungan dimaksud yakni adanya dugaan terjadi pencemaran. (HM)

Pos terkait