HUT RI PEMKAB HALSEL

Danramil Karangpucung Bekali Linmas Dengan Sosialisasi Tanggap Bencana Alam

PilarAktual.com Cilacap Jateng.
Komandan Koramil (Danramil) 15/Karangpucung, Kapten Inf Tugirun memberikan pembekalan berupa materi sosialisasi Kesiapsiagaan/Tanggap Bencana Alam dalam kegiatan Pembinaan anggota Linmas Desa Gunungtelu, bertempat di Balai Desa Gunungtelu, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Kamis (23/12).

Melalui kegiatan pembinaan Linmas di wilayah binaaan menjadi forum untuk menyampaikan sosialisasi terkait kebencanaan dengan mempertimbangkan kondisi cuaca dan geografis saat ini untuk wilayah Kecamatan Karangpucung pada umumnya dan wilayah Desa Gunungtelu pada khususnya dimana ancaman potensi terjadinya bencana alam dapat terjadi kapan saja.

Terkait adanya ancaman alam tersebut kita sebagai warga masyarakat perlu adaya sikap tanggap dan siapsiaga manakala dihadapkan pada situasi terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sering terjadi di musim penghujan.

Danramil Karangpucung Kapten Inf Tugirun mengatakan, anggota Linmas sebagai unsur Perlindungan Masyarakat memiliki peran yang penting dalam membantu aksi tanggap bencana di wilayah desanya.

“Dengan adanya materi kesiapsiagaan bencana alam yang kita sampaikan maka anggota Linmas akan paham bagaimana prosedurnya apabila menghadapi bencana alam. Jadi saat terjadi Bencana, Linmas dapat bertindak dengan cepat dan tepat, siapa dan harus berbuat apa sudah tahu, sehingga saat itu anggota Linmas tidak bingung dan selalu sigap dalam memberikan penanganan dan evakuasi korban,” katanya.

dilaksanakan guna mengantisipasi bila terjadi bencana. “Penyampaian materi kesiapsiagaan bencana alam bertujuan untuk mengoptimalkan peran tugas Linmas di wilayah maupun desa agar sehingga apabila terjadi bencana maka

Selain itu, peran Linmas dalam tanggap bencana, harus mengerti tugas pokok anggota Linmas salah satunya membantu dalam penanggulangan bencana alam. Pengetahuan-pengetahuan tentang kebencanaan ini agar disesuaikan dengan lingkungan setempat sebab tiap daerah memiliki potensi bencana alam yang berbeda-beda.

“Yang perlu diperhatikan dalam kesiapsiagaan bencana alam adalah mengajak masyarakat sekitar untuk peduli dan tanggap akan kondisi masing – masing, serta mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam penanganan bencana alam”, pungkas Danramil.

#(Sugeng.S)