Bupati Halsel Usman Sidik dan Rektor Unkhair Ridha Ajam Teken MoU

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com – Pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Selatan (Pemda) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Khairun Ternate. Penandatanganan dan perjanjian berlangsung di ruang kerja bupati, Jl Kebun Karet, Kampung Makian, Bacan Selatan, Selasa (14/9/2021) pagi tadi.

Penandatanganan langsung dilakukan oleh Bupati Usman Sidik dan Rektor Unkhair DR. M Ridha Ajam, M.Hum, disaksikan Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba serta seluruh pimpinan OPD Halmahera Selatan.

Bacaan Lainnya

Selain MoU dilanjutkan penandatanganan nota kesepakatan (MoA) dengan semua dekan di lingkungan Unkhair, yakni Bidang Pendidikan, Ketehnikan, Ekonomi, Pertanian, Perikanan, Kesehatan, Sosial Budaya, dan Hukum.

Foto Istimewa: Rapat Kerjasama Pemda Halsel dan Universitas Khairun Ternate.(Hum)

Dalam kesempatan tersebut Bupati Usman mengatakan, Pemda Halmahera Selatan sangat menyambut baik atas kerja sama yang terjalin ini. Karena menurutnya, kerjasama merupakan langkah nyata berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) kepada masyarakat Halmahera Selatan.

“Jadi di kesempatan ini kami dari Pemda Halmahera Selatan menandatangani MoU-MoA dengan Unkhair untuk penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan pelatihan, workshop, seminar bersama, dan pemagangan, pendampingan dan pemateri/ narasumber,” ungkap Bupati Usman dalam sambutannya.

Sejalan menjadi visi misi Usman-Bassam dalam memajukan pendidikan Halmahera Selatan, Usman bilang, Pemda Halmahera Selatan juga akan memberikan beasiswa S1-S2 termasuk berkuliah di Fakultas Kedokteran.

“Kita ingin mewujudkan Halmahera Selatan cerdas. Dengan Halmahera Selatan cerdas itu orang bisa berkarya,” Ujar Usman.

Dikesempatan ini, Rektor Unkhair Ridha Ajam mengaku bangga dengan kerja sama dengan pemerintah daerah Halmahera Selatan.

“Pak Bupati Usman Sidik dan Pak Wakil Bupati Bassam Kasuba ini memiliki visi untuk menyelenggarakan pendidikan bagi masyarakat Halmahera Selatan bergelar sarjana dan magister. Jadi kerjasama ini sangat tepat,”Ungkapnya.

Ridha menambahkan, Unkhair siap untuk menyukseskan visi misi bupati dan wakil bupati di bidang pendidikan baik informal maupun formal. Lanjut Dosen Unkhair itu, banyak yang menjadi instruktur yang bisa mengajar di sekolah maupun bidang lainnya.

Selain itu sambung dia, Lewat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa dapat mengajar di sekolah hingga satu semester, dan ini telah dilakukan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Study Manajemen.

“Mengajar satu semester sama dengan kuliah satu semester. Ini peluang besar dengan Halmahera Selatan, tidak hanya di sekolah dan ini bisa juga diterapkan di kantor desa. Dan mahasiswa magang disana, mereka betul-betul belajar dan bekerja di desa, itu kuliah satu semester, 5-6 bulan. Kepala desa di Halmahera Selatan juga bisa kuliah di Unkhair, sehingga kepala desa dapat memahami ilmu manajemen agar pengelolaan dana desa optimal, manajemen desa baik,” Oungkasnya. (Red)