BUMDes Mart Lonsiow Motongkad Utara Berhenti Beroperasi, Ada Apa?

  • Whatsapp

Boltim, PilarAktual.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Lonsiow Desa Motongkad Utara, Kecamatan Motongkad di samping Kantor Pemerintah Desa Pemerintah Desa Motongkad Utara, Kecamatan Motongkad, sudah hampir Sebulan lamanya tak beroperasi.

Hal ini disayangkan salah satu pengiat kepemudaan, di desa tersebut. Dia mengatakan, pendirian dan pengelolaan BUMDes adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara koorperatif, partisifatif, emansipatif, transparansi, akuntabel dan sustaniabel.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, usai diresmikan Bupati Boltim Sehan Salim Landjar, SH saat itu tepatnya, Senin (08/06) tahun lalu.

“Tapi kini BUMDes tersebut sudah lewat sebulan ini tidak menunjukan aktifitas sebagaimana mestinya,” ungkap sumber yang namanya enggan di publis media ini.

Dikutip dari ungkapan bupati saat meresmikan BUMDes tersebut. Dimana pembanguan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Tentu harapannya pertumbuhan BUMDes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebuhan masyarakatnya sendiri.

“Pembangunan ekonomi bukan dari kota ke desa, melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota, itu yang disebut dengan ekonomi kerakyatan,” ungkap bupati Sehan Landjar, saat meresmikan BUMDes Mart Longsiow pada saat itu.

Selain itu, sumber meminta kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) agar kiranya dapat memperhatikan keberadaan BUMDes di setiap desa.

“Saya minta Pemkab lewat Instansi terkait dapat melakukan pemantauan terhadap setiap BUMDes yang ada di setiap desa. Hal guna memastikan apakah Bumdes tersebut masih beroperasi atau tidak,” pungkasnya.

Editor: Redaksi

Pos terkait