Basarnas Ternate Tempatkan 1 Unit Kapal RB Di Halsel

  • Whatsapp

TERNATE, Pilaraktual.com – Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Kota Ternate menempatkan 1 unit kapal RB-309 di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada Jumat (16/4/2021)

Penempatan satu unit kapal tersebut, untuk mendukung upaya penyelamatan laut di wilayah Halmahera Selatan. Untuk itu diharamkan dapat memberi rasa aman bagi masyarakat yang menggunakan dalam transportasi laut.

Bacaan Lainnya

Foto istemewa Apel Kepala Basarnas Bersama Tim Basarnas (ik)

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah kepada wartawan mengajarkan, Wilayah Kabupaten halmahera selatan telah memiliki laut yag luas, namun kondisi itu juga dapat menyimpan potensi bahaya.

” Pengoperasian kapal ini diharapkan bisa makin mempercepat upaya penyelamatan oleh Unit siaga sar bacan jika sewaktu-waktu terjadi musibah di laut halmahera selatan. Katanya.

Arafah juga menuturkan, Kapal Rescue Boat 309 Ternate, merupakan kapal kelas tipe 3 dengan spesifikasi panjang 28 Meter Kapal Berbahan Fiber dengan endurance 41 jam dan daya jelajah 574 nm dengan kecepatan rata2 14 Knots.

Kapal RB 309 Ternate ini, akan memperkuat armada laut Unit siaga SAR Bacan, mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan.

” Kapal RB 309 dengan 11 orang Kru kapal diberangkatkan dari ternate menuju bacan. Dan akan distanby kan di dermaga Panamboang bacan,” pungkasnya. (**)