Hari Jadi Kabupaten Halmahera Selatan

Warga Halmahera Selatan Keluhkan Pelayanan Puskesmas Labuha

LABUHA, PilarAktual.com– Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Labuha Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara dikeluhkan warga.

Pasalnya, sementara masyarakat sedang antri mengurus surat keterangan dokter (SKD) dan vaksinasi tetapi petugas kesehatan puskesmas labuha tidak berada di tempat dan menutup pelayanan.

Hal Itu disampaikan juga salah satu warga desa Tomori, Umirun kepada wartawan di depan PKM Labuha mengaku, pelayanan kesehatan di PKM Labuha itu jam kerja tutup terlalu cepat, bahkan pelayanan juga terkesan lambat.

“Saya sudah datang antri untuk buat SKD pada pukul 11.27 WIT karena belum dapat giliran, terpaksa menunggu sampai pukul 14.00 WIT tetapi petugas kesehatan belum juga datang membuka pelayanan,” Ujar dia Senin, (23/05/2022).

 

Selain itu, kata Umirun, pelayanan kesehatan di PKM Labuha ini datang apel pukul 08.00 pulang istirahat makan siang pukul 12.00 WIT itu petugas dan Kapus tidak lagi datang membuka pelayanan.

“Padahal PKM Labuha ini letaknya di pusat kota Bacan, harusnya pelayanan itu 24 jam, mengapa pelayanan publik hanya lima jam (08-12.30 WIT),” Katanya.

Senada dikeluhkan warga desa Kampung Makeang, Rustam Halek saat diwawancarai Haliyora.id Senin, (23/05). mengaku pelayanan kesehatan di PKM Labuha itu sudah sering dikeluhkan warga, karena pelayanan sudah lambat petugasnya pulang paling cepat.

“Kita sudah sering berobat di PKM Labuha, bukan baru hari ini, biar pergantian kepala Puskesmas tetap saja pelayanan kesehatan juga kesanya lambat tangani pasien yang datang berobat, belum lagi petugas kesehatan pulang paling cepat,” Keluh Rustam yang juga ikut vaksinasi.

Sementata, sekertaris dinas kesehatan (Dinkes) Halsel, Chairil Toloa kepada wartawan, pada Senin 23 Mei 2022 mengatakan, pelayanan kesehatan di PKM kota labuha hanya 6 hari kerja, karena itu buka pelayanan tepatnya jam 08.00 – 13.30 WIT sudah apel siang langsung tutup pelayanan

“Jadi masa kerja pegawai kesehatan di PKM itu 6 hari terhitung dari Senin sampai Sabtu, untuk jam pelayanan juga disesuaikan hari kerja misalnya Senin-Kamis buka pelayanan pukul 08.00-13.30 WIT sedangkan Jum’at itu pelayanan dibuka pukul 08.00-11.00 WIT,” Ungkap Chairil.

Terpisah Kepala Puskesmas (Kapus) Labuha Halmahera Selatan, Kartini Dalle saat dikonfirmasi mengaku, tepat pada pukul 13.30 WIT, itu sudah apel pulang dan pelayanan sudah ditutup

“Memang pelayanan Puskesmas Labuha jam 13.30 WIT sudah apel pulang dan itu pelayanan kesehatan sudah tutup, karena pegawai semua sudah pulang istirahat” Akunya. (Red)