TP PKK Batu Bara Ikuti Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

  • Whatsapp

BATU BARA, PilarAktual.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, SE didampingi Sekretaris Pokja 4 Heni Handayani mengikuti Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil di Sumatera Utara secara Virtual di Aula Rumah Dinas Bupati Komplek Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Selasa (31/08/2021).

Sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua TP. PKK Provinsi Sumut Ny. Nawal Edy Rahmayadi, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara Dr. Aris Yudhariansyah, MM dan Narasumber Dr. David Lubis, SKM, M.KED(OG), Sp. O.G.(K).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provsu mengatakan bahwa berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan terkait dengan Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Selanjutnya disampaikan bahwa perkembangan kasus Covid-19 menunjukkan peningkatan kasus ibu hamil yang terkonfirmasi Covid-19 disejumlah kota besar di Indonesia, jadi wanita hamil rentan terinfeksi Covid-19, khususnya untuk wanita hamil dengan kondisi – kondisi tertentu. Dengan pertimbangan tersebut, maka diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi kepada ibu hamil.

Dr. Aris juga mengatakan Ibu hamil bisa menerima vaksin Covid-19 dengan persyaratan tertentu. Masa kandungan 1 sampai 12 minggu adalah masa yang dikhawatirkan, disarankan tidak melakukan vaksin diperiode ini, karena ini adalah masa Organogenesis dan kita ketahui juga saat trimester satu ada mual dan muntah, sekaligus menghindari ganguan – ganguan dari efek samping vaksin.

” Periode yang baik untuk melakukan vaksinasi adalah pada saat kandungan berusia 13 minggu sampai 33 minggu,” ujar Dr. David Lubis. (MPS)

Pos terkait