Hari Jadi Kabupaten Halmahera Selatan

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, PKK Batu Bara Sosialisasi Iva Test Untuk Hindari Bahaya Kanker Rahim

BATU BARA, PilarAktual.com – Kanker rahim adalah penyakit yang sering menjadi momok yang menakutkan. Atas Bahayanya kanker rahim, maka Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Batu Bara, melakukan sosialisasi pencegahan Kanker Leher Rahim melalui program Iva Test. Sosialisasi ini digelar di Kantor Camat Sei Balai, Senin (23/5/2022).

Kegiatan tersebut untuk melakukan pencegahan dan mengetahui gejala kanker rahim sehingga dapat dilakukan pencegahan.

Dalam pemaparan tentang bahaya kanker Serviks terhadap perempuan, Ketua TP- PKK Kabupaten Batu Bara, Maya Zahir mengatakan, bahwa penyakit tersebut dapat memengaruhi sel-sel di leher rahim yang dapat membahayakan jika tidak segera ditangani. Meski begitu, gejalanya dapat muncul setelah sel kanker sudah menyebar sehingga penanganan dini sulit dilakukan.

“Makanya, pemeriksaan rutin pada bagian rahim setiap wanita disarankan dilakukan setiap tahun. Ini untuk mendeteksi kanker serviks yang disebut IVA test”, jelas Maya Zahir.

Metode ini umum dilakukan untuk mendeteksi gangguan pada leher rahim tersebut setelah Pap smear. Pap smear digunakan untuk mendeteksi kanker rahim yang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV.

Dengan melakukan pemeriksaan ini, diharapkan setiap wanita yang memiliki risiko terhadap kanker serviks dapat menghindarinya.

Sasaran Iva Test di Kecamatan Sei Balai yakni 2.497 Pasangan Usia Subur (PUS). Rendahnya kesadaran kaum perempuan untuk melakukan Iva Test dan Sadanis, disebabkan budaya malu dan tabu di Kecamatan Sei Balai. Hal ini tentu menjadi kendala yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten Batu Bara.

Di sini, peran TP-PKK mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten sebagai mitra pemerintah digalakkan sebagai penggerak, motivator, katalisator, komunikator, dan organisator untuk meningkatkan upaya capaian Iva Test.

Oleh Karena itu Perlu adanya kolaborasi dan kerjasama yang baik di semua tingkatan organisasi yang ada di Kecamatan Sei Balai, dengan harapan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kabupaten Batu Bara, yang sesuai dengan misi Bupati Zahir. (Red)