Sebagian Besar Bangunan Sarang Walet di Boltim Ilegal

  • Whatsapp
Sebagian Besar Bangunan Sarang Walet di Boltim Ilegal
Ilustrasi Bangunan Sarang Burung Walet. (Sumber: google.com)

Boltim, PilarAktual.com – Sebagian besar pembangunan sarang walet yang sudah berproduksi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tak memiliki ijin alias ilegal. Meski begitu, sejauh ini belum ada penindakan tegas dari pemerintah setempat. Hal itu disebabkan belum adanya regulasi yang mengatur tentang usaha tersebut.

Kepala Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPTSP) Boltim Saprudin Mokoagow membeberkan, jumlah sarang walet yang didata pihak sebanyak 30an bangunan dan yang telah mengantongi ijin belum mencapai 10 bangunan.

Bacaan Lainnya

“Jumlah (30an) itu pun masih akan bertambah karena masih ada informasi dari warga tentang sarang walet yang belum masuk di data kita,” kata Safrudin.

Kepala Bidang Perijinan DPTSP Boltim Denny Mamonto menjelaskan, ijin yang dibutuhkan untuk pembangunan gedung sarang walet pra produksi hanya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) saja.

“Kecuali sudah produksi baru dibutuhkan ijin-ijin lainnya,” ujar Denny dihubungi wartawan via telepon seluler, Senin 21 Juni 2021.

Meski banyak bangunan sarang walet illegal, lanjut Denny, pihaknya tidak serta merta melakukan penertiban karena terkendala aturan.

“Kita belum miliki Perda atau Perbup yang mengatur tentang sarang walet. Kedepan regulasi ini kita butuhkan,” sambungnya.

Denny juga mengisyaratkan bahwa pembangunan sarang walet tidak dibenarkan berada di tengah permukiman warga. Sebab, dapat menimbulkan berbagai macam gangguan.

(end/Frz)

Pos terkait