Rakertas LPTQ, Bupati Zahir: Batu Bara Adalah Kampungnya Qori Dan Qoriah

  • Whatsapp

MEDAN, PilarAktual.com – Bupati Batu Bara, Ir H Zahir, M.AP didampingi Kakan Kemenag Ahmad Sofian, Kabag Kesra, Adenan Haris, menghadiri Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) lembaga pengembangan tilawatil quran (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara di Kantor BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Selasa (19/01/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Zahir mengatakan bahwa kampungnya Kabupaten Batu Bara adalah kampungnya qori dan qoriah untuk di tingkat Provinsi Sumatera Utara, tapi sekarang kata Bupati, sudah mulai menurun dan akan kembali dibina agar seperti dahulu.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Bupati menjelaskan konsep dari kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ) merupakan pencari bakat dan mencari bibit dan bobot yang berpotensi di daerah masing-masing,

Menurut Bupati, kedepanya nanti akan dipastikan memenuhi persyaratan yang layak dan benar – benar berpotensi dalam mencari qori dan qoriah, mulai dari tingkat desa ke tingkat kecamatan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

” Maka perlu dilakukan dari sekarang untuk persiapan pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang akan dilaksanakan tahun 2022 mendatang,” ungkap Bupati Zahir yang merupakan Politisi dari PDIP ini.

Ia berharap agar kedepanya qori dan qoriah di Kabupaten Batu Bara kembali ditingkatkan, untuk menjadi pemicu dalam melakukan pembinaan di daerah.

” Kita akan mulai seleksi dan mencari bibit dan bobot untuk dilakukan pembinaan,” tambah Zahir.

Dalam rapat kerja terbatas tersebut dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara, H Edy Rahmayadi sekaligus memberi pembinaan.

Edy Rahmayadi mengajak untuk membumikan dalam pembacaan ayat – ayat suci Alqur’an serta mengembangkan program – program Tilawatil qur’an diseluruh Sumatera Utara. Dimana, pengembangan dalam melantunkan ayat suci Alqur’an bukan hanya mempersiapkan pada qori/qoriah, akan tetapi menyiapkan pelatih, dan menyiapkan event -event yang dibutuhkan.

“Urgensi yang paling utama adalah bagaimana warga muslim di Sumatera Utara bisa membaca Alqur’an dan dapat memahaminya,” terang Gubsu.

Hadir dalam rapat kerja tersebut, Ketua LPTQ Provinsi Sumatera Utara, Asren Nasution, Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, Wali Kota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan dan Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor. (HSR)

Pos terkait