HUT RI PEMKAB HALSEL

Polda Kalbar Gelar Konferensi Pers di Akhir Tahun 2021

Pontianak, PilarAtual.com – Menjalang akhir tahun 2021 Polda Kalbar akan menyampaikan laporan kinerja tahunan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas kepada masyarakat melalui Konferensi Pers.

Dalam sambutan nya Kapolda Kalbar Irjen Pol.Drs Suryanbodo Asmoro MM.yang didampingi pejabat utama kepolisian Polda Kalbar,para Kapolres serta jajaran Mengucapkan Banyak Terima kasih atas segenap anggota yang hadir dalam konferensi pers yang dilaksanakan pada hari ini (31/12/2021).

Kapolda Kalbar yang baru saja dilantik ini,menyampaikan strategi dalam mengelola Kamtibmas di bidang pembinaan dan oprasinal, berpedoman kepada program prioritas Kapolri dengan Tagline PRESISI yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan ketertiban masyarakat,demi mewujudkan pelayanan prima dan membangun citra positif Polri di tengah masyarakat.

Program prioritas Kapolri ditandai dengan 4 bidang transformasi, 16 program prioritas, 51 kegiatan dan 177 rencana aksi sudah dilaksanakan oleh Polda Kalbar dengan capaian 100%.Terangnya

Dalam kesempatan yang sama Kabidhumas Polda Kalbar juga menerangkan beberapa pencapaian Polda Kalbar di bidang pembinaan,sebaran personil Polri paling banyak berada di wilayah Polres dengan komposisi 37%, di Polda 32 % dan di wilayah Polsek 30%.

Animo masyarakat Kalbar untuk menjadi Polisi cukup tinggi dengan jumlah 3.390 orang yang mengikuti seleksi, sebanyak 654 orang dinyatakan lulus dengan rincian 3 orang masuk Akpol, 580 Bintara Polri, 69 Tamtama dan 2 org SIPSS.

Surat Dumas yang masuk ke Inspetorat daerah sebanyak 40 pengaduan, turun 37,5% dari tahun sebelumnya yaitu 64 pengaduan.Dumas tahun 2021 diproses dengan 4 Dumas benar sedangkan 36 Dumas tidak benar.

Satgas Saber Pungli Provinsi Kalbar mampu meningkatkan kuantitas kegiatan Pokja nya (Pokja Intel, Cegah, Tindak, Yustisi) menjadi 215.818 kegiatan.Terang nya.

Terkait pembinaan dan pengawasan Personil,Polda Kalbar telah mem PTDH kan 14 personil selama thn 2021. Paling banyak disebabkan oleh  kasus disersi 9 kasus,narkoba 3 kasus dan asusila 2 kasus.Saat ini Polda Kalbar sedang memproses pidana thdp 6 org anggota Polri dgn kasus tipu gelap 5 kasus dan narkoba 1 kasus.jelas nya

Masyarakat yg sedang berperkara pidana di Polda Kalbar dan Jajaran berkesempatan melakukan pra peradilan kpd penyidik, tercatat ada 20 sidang pra peradilan kepada penyidik Polda Kalbar, dan semua gugatan pra ditolak oleh majelis hakim.

Kabidhumas Polda Kalbar juga mengatakan telah dibangun 4 bangunan baru yg didukung oleh anggaran pusat (mabes Polri), yaitu Mapolres Kapuas Hulu, Mapolsek Teriak Bengkayang, Mapolres Kubu Raya dan Ruang Pelayan Khusus.

Utk bantuan atau hibah dari pemerintah daerah maupun perorangan kpd Polri, terdapat 15 objek bangunan,1 Mako Polsek, 2 gedung, 1 rumjab, 3 masjid, 4 pagar, 4 renovasi bangunan.

Utk pembangunan SPN Polda Kalbar di Singkawang, terdapat 10 bangunan baru hasil hibah Pemprov Kalbar dan Pemkab senilai total 27 M lebih melengkapi 135 M bantuan yang diterima di tahun 2019 dan 2020.Jelasnya

Pada Thn 2020,Polda Kalbar menerima anggaran negara sebanyak 1,28 T dan mengalami peningkatan menjadi 1,31 T di tahun 2021, dgn jenis belanja pegawai 61%, bel barang 36% dan bel modal 3 %. Sedangkan untuk tahun 2022 Polda Kalbar mendapat anggaran dengan peningkatan 10% mejadi 1,45 T.

Terdapat beberapa kegiatan prioritas Polda Kalbar di tahun 2022, mulai penguatan organisasi meliputi kajian peningkatan maupun perubahan/pembentukan organisasi. Seperti peningkatan tipe Polres dan Polsek, untuk pembentukan seperti pembentukan batalyon brimob dan satfung di tingkat Polres. (Mia/Red)