Hari Jadi Kabupaten Halmahera Selatan

Pemkab Halsel Pusatkan Shalat Idul Fitri di Masjid Kesultan Bacan

LABUHA, PilarAktual.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan, Maluku Utara, menetapkan Sholat Idul Fitri 1443 Hijria di Masjid Kesultanan Bacan. Tepatnya, di Desa Amasing Kecamat Bacan.

Hal itu disampaikan langsung Sekretaris Halmahera Selatan, Saiful Turuy ketika dikonfirmasi awak media, Selasa (26/04/2022) menyampaikan, Pemda Halmahera Selatan bersama Forkopimda telah menetapkan pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Masjid Kesultanan Bacan.

“Imam dalam Sholat Idul Fitri adalah ketua MUI Halsel, Muhammad Saleh Ahya sedangkan Khatib atau Khutbah adalah Muhammad Abusama yang juga anggota DPRD provinsi Maluku Utara dapil Halsel,” Ujar Sekda.

Lanjut Sekda, Sholat Idul Fitri yang bakal dilaksanakan nanti, diminta agar tetap menggunakan protokol Covid – 19,

” Sholat Idul Fitri nanti tetap menggunakan protokol Covid-19,” Jelasnya.

Kata Sekda, selain melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah di Masjid Kesultanan Bacan, Pemda juga melaksanakan malam takbiran dengan dilakukan pawai obor keliling.

“Kita juga akan melakukan pawai obor keliling dengan berjalan kaki di malam takbiran yang dilepas oleh pak Bupati, starnya mulai dari masjid Sultan dan finis juga di Masjid Sultan,” Ungkap Sekda.

Sekda juga menghimbau kepada masyarakat Halmahera selatan agar tidak bereforia dengan berlebihan dengan kegiatan hura-hura menjelang Sholat Idul Fitri, sehingga menghindari kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Warga diminta agar menjaga kestabilan keamanan jelang sholat Idul Fitri dan jangan berhura-hura agar terhindar dari laka,” Pungkasnya. (Red)