Pemkab Batu Bara Adakan Sosialisasi Surveilans

  • Whatsapp

BATU BARA, PilarAktual.com – Bupati Batu Bara diwakili Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima, SE membuka Sosialisasi Surveilans Terpadu Berbasis Komunitas di Kabupaten Batu Bara. yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara. Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Senin (20/09/2021)

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadis Kesehatan drg. Wahid Khusyairi, MM, Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Abdul Fuad Helmi, SKM, M. Kes, dan diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara, tim relawan, puskesmas se – Kabupaten Batu Bara yang mengikuti secara langsung dan virtual.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Wahid Khusyairi mengatakan “Kegiatan ini diadakan untuk menyadarkan kita agar tidak hanya terfokus pada Covid saja, memang masalah terbesar pada masa ini ialah Virus Covid 19, tetapi masalah-masalah kesehatan lainnya yang ada dimasyarakat jangan terabaikan. Untuk itu tenaga relawan atau kader ini berperan untuk mengamati dan melaporkan kepada petugas kita yang ada di Puskesmas-Puskesmas atau di Dinas Kesehatan.” Ujarnya

“Para kader nantinya akan direkrut dari desa-desa dan setiap desa memiliki satu kader yang akan bersinergi ke masyarakat khususnya petugas kita yang ada di lapangan dan pos PPKM yang ada di desa masing-masing” tegas Kadis Kesehatan

Sementara itu Wakil Bupati Batu Bara Oky mengatakan “keterlibatan masyarakat melalui kader Surveilans Terpadu sebagai tenaga yang memantau dan mengamati serta memberikan informasi status komunitas yang ada di desa atau kelurahan secara cepat, tepat dan akurat. Sehingga Penyakit dan resiko dapat di deteksi secara dini, dan dapat melakukan respon pelayanan kesehatan dengan efektif di desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Batu Bara.
Sehingga kebijakan dan upaya dalam penanganan masalah kesehatan komunitas termasuk juga penanganan Covid-19, dapat dilakukan secara cepat, tepat dan menyeluruh.

“Saya berharap kepada tim surveilans terpadu Kabupaten dan Puskesmas, terutama para koordinator kecamatan dan kader surveilans terpadu, yang merupakan kolaborasi antara masyarakat dan tenaga kesehatan dalam memecahkan masalah operasional pelaksanaan pelayanan kesehatan dasar di komunitas masyarakat, sehingga tidak ada lagi keresahan dan keluhan masyarakat Batu Bara, bahwa mereka tidak pernah mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.” Harap Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal. (RED)

Pos terkait