Partisipasi Rendah, Pelanggaran dan Konflik Menjadi Fokus Sosialisasi KPU Boltim

  • Whatsapp

PilarAktual.com, Boltim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar sosialisasi di Pantai Literasi Molobog, Desa Molobog, Kecamatan Motongkad, Jumat, (8/10/2021).

Sosialisasi itu bertemakan Pendidikan Pemilih Pada Daerah Partisipasi Rendah, Daerah Pelanggaran Pemilu Tinggi dan Daerah Rawan Konflik Bencana di Kabupaten Boltim.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri oleh tiga komisioner KPU Boltim, yakni Adchilny Abukasim, Terry Suoth dan Devita Pandey, serta satu anggota Bawaslu Kabupaten Boltim, Hariyanto.

Sebagai peserta, turut hadir Sangadi Molobog Sahad Batandigo, Sangadi Molobog Timur Dolly Mokoagow, Sekdes Molobog Timur Refly Manoppo dan sejumlah perwakilan tokoh masyarakat dari Desa Molobog Bersatu.

Dalam kegiatan itu, anggota KPU Adchilny Abukasim menyampaikan, kedepan penyelenggaraan Pemilu perlu memperhatikan banyak hal, termasuk tingkat kerawanan yang ada di desa-desa.

Hal ini guna menghindari ragam kesalahan dan meminimalisir kurangnya partisipasi pemilih.

Dia juga mengklarifikasi soal honor para penyelenggara adhoc di Pilkada 2020 di tingkat Kecamatan dan Desa yang belum terbayarkan.

“APBD Perubahan ini honor yang belum dibayarkan akan kita bayarkan,” sebutnya.

Terry Suoth menjelaskan, target sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang berbagai aspek yang berpotensi menciptakan kerawanan, pelanggaran serta minimnya partisipan pada Pemilu atau Pilkada.

“Masih ada lima titik lagi yang akan digelar kegiatan sosialisasi yang sama. Kami masih akan bahas dimana pelaksanaan titik berikutnya,” tambah Terry. (HM)

Pos terkait