Masyarakat Keluhkan Kurang Maksimalnya Pelayanan Kesehatan Di Desa Sepok Laut Kecamatan Sui kakap Kabupaten Kubu raya

  • Whatsapp

Kubu raya,Pilaraktual.com -Saat di temui oleh awak media banyak sekali keluhan dari masyarakat desa sepok laut Dusun 3 Rt 11/04 tersebut antara lain;kurang aktifnya petugas kesehatan,bidan serta mantri sebagai pelayan kesehatan,
sehingga masyarakat merasa terabaikan untuk mendapatkan fasilitas medis.Jumat (15/01/21).

Tidak hanya itu saja berdasarkan penjelasan yang lain salah satu Warga yang tidak mau di sebutkan namanya menjelaskan, mereka sering kali kecewa saat mendatangi tempat kerja para bidan dan mantri mereka sering tidak ada di tempat.

Seperti kejadian di alami Oleh narasumber yang menjadi salah satu Warga di desa sepok laut,menjelaskan saat awak media PilarAktual.Com sambangi kediaman nya menjelaskan bahwa dirinya pernah mengalami keguguran dan butuh pertolongan, namun saat mendatangi lokasi (pustu) puskesmas pembantu,bidan dan mantri dengan bersamaan tidak ada di tempat.

Pada akhirnya pihak keluarga dari narasumber tersebut merujuk pasien ke puskesmas kecamatan sui kakap agar pasien dapat di tolong secara medis.

Selain dari narasumber ada lagi keluhan warga yang lain tentang pelayanan kesehatan di disepok laut.yang mana di alami seorang anak kecil,pada saat itu sangat butuh pengobatan,dikarenakan tidak mendapatkan pelayanan dengan alasan yang sama akhir nya pihak keluarga membawa anak tersebut untuk segera mendapatkan pengobatan di desa tanjung saleh yang bersebrangan dengan desa sepok laut.

Alasan keluarga membawa anak nya ke puskesmas pembantu (Pustu) yang berada di desa tanjung saleh dikarenakan pelayanan di desa tanjung saleh lebih profesional secara medis. Bidan dan mantri tetap ada di tempat dan sigap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pengobatan.ungkap nya

Dari hal ini masyarakat desa sepok laut sangat lah kecewa atas apa yang telah mereka alami dan berharap untuk ke depan para pejabat atau pelayanan kesehatan bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.Pintanya

Apa lagi kita ketahui bahwa desa sepok laut merupakan desa pesisir jauh dari pusat kecamatan dan pusat kota/kabupaten,jarak tempuh hingga kiloan dan ratusan meter sehingga untuk mendapatkan pertolongan pasien harus selayaknya di tangani oleh pakar dan ahli nya,agar masyarakat yang membutuhkan pertolongan bisa merasakan pelayanan kesehatan dengan maksimal.

Dengan waktu yang bersamaan
Awak media Pilaraktual.Com juga menemui pimpinan (pustu) puskesmas pembantu.

Bapak Tiar,menyadari kadang ada rasa kekecewaan warga terhadap pelayanan kesehatan di pustu saat ini dimana dia di tugaskan bersama seorang bidan.jelas nya.

Bapak Tiar mengatakan dirinya seorang PNS,ada waktu tertentu untuk tidak ada di tempat karena menyelesaikan tugas lain nya dan kadang juga harus libur karena jadwal ketentuan kerja,membolehkan hal itu terjadi berdasarkan jadwal kerja PNS,kadang juga ada rapat serta membuat laporan untuk di sampaikan ke dinas kesehatan kabupaten kubu raya.terangnya

sehingga saat masyarakat ingin berobat di puskesmas pembantu saya sering kali tidak ada di tempat.

Bapak Tiar berharap kepada instansi terkait khususnya Pemkab kab.Kubu raya serta dinas kesehatan kubu raya untuk dapat kira nya menambah tenaga kesehatan,baik itu tenaga honor maupun kontrak.

Karena dalam hal ini mana kala saya sebagai mantri serta bidan tak ada di tempat posisi kerja tidak lagi kosong dan masyarakat dapat terlayani dengan maksimal,semoga apa yang diharapkan dapat menjadi acuan demi pelayanan kepada masyarakat.Tutup nya (Rudi Halik)

Editor: Mia

Pos terkait