Kejari Halsel Terima Pelimpahan Tahap II Dengan Tersangka

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Halmahera Selatan, resmi menerima tahap dua dengan tersangka Inisial YN, yang juga Kepala Desa (Kades) Yaba kecamatan bacan barat Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Penahanan ini, atas keterlibatan dugaan Tindak Pidana kasus Korupsi Dana Desa (DD) di Desa Yaba, di tahun 2017 kabupaten Halmahera Selatan.

Bacaan Lainnya

Kepala kejaksaan Negeri Halmahera SelatanĀ  Fajar Haryowimbuko, melalui Kasi Intelijen Fardana Kusumah, kepada PilarAktual.com, pada Rabu (15/09/2021) mengatakan, hari ini penyidik Kejari Halsel telah terima tahap dua dari penyidik kepolisian dengan tersangka inisial YN korupsi dana desa (DD) tahun 2017.

“Tersangka YN, resmi di tahap dua di Kejari Halmahera Selatan, YN akan ditahan di Lapas Kelas III Labuha. Rencana dalam waktu dekat YN akan di limpahkan ke Pengadilan Tipikor Ternate guna untuk disidangkan,” Katanya.

Sementara itu, Kasi Pidsus Eko Wahyudi, menjelaskan, tersangka inisial YN, itu merupakan hasil penyidikan dari tim Penyidik Polres Halmahera Selatan.

Selain itu lanjut Eko, Hal itu berdasarkan hasil perhitungan kerugian Negara oleh Inspektorat Kabupaten Halmahera Selatan, bahwa tersangka YN dengan jelas telah merugikan keungan negara sebesar Rp.352.500.000,00.

“Untuk itu tersangka didakwa dengan Pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 Jo pasal 18 ayat (1) huruf a, b, ayat (2) dan (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan acaman pidana 20 tahun,” Tandasnya. (Red)