Hari Jadi Kabupaten Halmahera Selatan

Jelang Ramadhan, Bupati Sachrul Mamonto Tinjau Ketersediaan Bahan Pokok di Pasar Kotabunan

Boltim, PilarAktual.com – Menjelang Bulan Suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto meninjau langsung ketersediaan Bahan pokok (Bapok) di Pasar Kotabunan Selatan (Kotsel), Kecamatan Kotabunan. Kamis, (31/3/2022).

Peninjauan Bupati ini terkait ketersediaan pasokan Bapok bagi masyarakat sebagai bagian antisipasi ketersediaan bahan pangan menjelang Bulan Suci Ramadan hingga Idul Fitri mendatang.

Kunjungan Bupati ini bersama Asisten I dan II, Setkretaris Daerah bersama beberapa Dinas terkait, yaitu Dinas Perdagangan, Perhubungan, dan Ketahanan Pangan, serta Perangkat Desa setempat.

Disela-sela kunjungannya. Bupati, menyampaikan bahwa ketersediaan pasokan bahan pokok bagi masyarakat wajib diperhatikan oleh pihak Pemerintah Daerah, terutama menjelang Bulan Suci Ramadan seperti sekarang ini. Mengingat, lonjakan harga bahan pokok pangan, biasa terjadi pada saat menjelang Ramadan, dan Hari Raya Idul Fitri.

“Menjelang Ramadhan, kewajiban Pemerintah Daerah itu harus memastikan ketersedian bahan pokok masyarakat, terutama yang ada di pasar-pasar. Karena, kebutuhan bahan pokok itu akan naik lima kali lipat menjelang lebaran,” katanya.

Maka dari itu, Bupati Boltim menerangkan. Ia bersama Dinas terkait menyempatkan diri untuk meninjau langsung ketersediaan bapok bagi masyarakat, terutama di Pasar-pasar yang aktif, seperti Pasar Kotabunan Selatan ini.

“Jadi kita akan pastikan betul, apa bahan pokok yang benar-benar langka, kemudian kita akan koordinasikan dengan pihak penyediaanya yang ada, lalu kita akan melakukan operasi pasar,” terangnya.

Bupati menjelaskan, sempat menerima beberapa informasi terkait kelangkaan bapok, serta lonjakan harga. Yang nantinya akan dijadikan bahan tindaklanjut Pemerintah.

“Pada hari ini, kita sudah mendapatkan beberapa informasi, dan kenaikan beberapa harga bahan pokok, dan kewajiban Pemerintah harus memfasilitasi. Kewajiban Pemerintah adalah melihat kebutuhan bahan pokok masyarakat dan berupaya untuk kemudian bisa menstabilkan lagi hal ini,” ungkapnya.

Bupati berharap agar upaya yang dilakukan oleh Pemda hari ini, kedepannya mampu meminimalisir kelangkaan serta lonjakan harga Bapok yang terjadi saat ini, hingga menjelang Idul Fitri.

“Mudah-mudahan dengan komunikasi kami dengan bulog, mudah-mudahan juga akan bisa dilakukan lagi operasi pasar beberapa kali di bulan puasa ini, dan menjelang Idul Fitri. Terutama bahan-bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat, dalam menyambut lebaran. Misalnya mentega, susu, tepung, gula, diluar itu juga ialah kebutuhan sehari-hari masyarakat,” pungkas Bupati.

Penulis: Fery Sawilan | Editor: Redaksi