Gerson M Olua & TB.Rahmad Sukendar Yakin Presiden Jokowi Sayang Masyarakat Papua, Pasti Akan Bayar Tanah Masyarakat Kampung Yoka dan Ayapo

  • Whatsapp

JAYAPURA, PilarAktual.com – Perjuangan ketua keondafioan adat hebeibhulu Yoka dan keondafian adat hedam Ayapo Gerson M Olua yang dipercaya dalam memperjuangkan hak keperdataan atas tanah masyarakat yang selama ini dipergunakan oleh PT. POS Indonesia Wilayah IX Papua dari Tahun 1952 s/d tahun 2021 (69 Tahun) dan Universitas Cendrawasih hingga saat ini belum ada realisasi penyelesaian pembayaran ganti rugi.

Oleh karena itu, sebagai orang tertua dan dipercaya jadi ketua yang dipercaya masyarakat dua kampung, dirinya mengirim surat kepada Presiden Ir. H. Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

” Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko widodo yang kami cintai, saya yakin Bapak Presiden sangat sayang sama kami masyarakat papua. Pasti Bapak akan bayar hak kami yang sudah terabaikan berpuluh-puluh tahun,” ucapnya sambil meneteskan air mata, Rabu (10/03/2021)

Gerson M Olua, salah Tokoh sentral masyarakat Papua yang terkenal memberikan solusi untuk Otonomi Khusus provinsi Papua dibandingkan Merdeka ini mengatakan, meyakini Presiden Jokowi akan berikan keadilan.

” Saya Gerson M Olua dan seluruh masyarakat keondafioan adat hebeibhulu Yoka dan keondafian adat hedam Ayapo berkeyakinan masih ada keadilan di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keadilan itu Hanya akan diwujudkan oleh Pak Presiden Jokowi di tanah nenek moyang kami Papua. Dan tak lupa terima kasih kami masyarakat Papua kepada Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) yang telah banyak membantu kami selama berada di Jakarta beberapa hari lalu,” ucapnya penuh harap.

Menurut Gerson, Berdasarkan Surat Putusan Pengadilan Negeri Jayapura Nomor 47/PDT.G/2020/PN Jap Tanggal 12 Oktober 2020 menjelaskan bahwa sebagai tergugat 2, tergugat 3 dan tergugat 4 mendapatkan hak pembayaran ganti rugi atas tanah yang digunakan PT. Pos Indonesia Wilayah IX Provinsi Papua.

Senada dengan Gerson M Olua, Ketua Umum Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia Drs TB Rahmad Sukendar SH, S.Sos dihubungi melalui selulernya menyampaikan keyakinan yang sama bahwa Presiden akan membayarkan ganti rugi masyarakat kampung Yoka dan kampung Ayako.

” Saya sangat Yakin Pak Jokowi akan membayarkan hak masyarakat adat Papua yang diketuai oleh Pak Gerson. Kita bisa tahulah ya, Pak Jokowi sangat mencintai masyarakat Papua, itu dapat rakyat buktikan hadir nya Pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas-fasilitas yang ada saat ini dapat dinikmati oleh masyarakat Papua,” Ucap Pria yang dikenal integritas nya dalam memberantas Korupsi.

” Dan perlu diketahui, Pak Gerson M Olua adalah tokoh Penting yang menentukan Papua memberi solusi dan memilih Otonomi Khusus provinsi Papua dibandingkan papua Merdeka. Dan masyarakat Papua patuh dan ikut apapun yang diputuskan oleh Pak Gerson. Ini salah satu bukti masyarakat Papua cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan saya yakin Presiden Jokowi Cinta masyarakat Papua, dan pasti akan membayarkan,” jelasnya.

Ia menambahkan, tentunya dari BPI KPNPA RI akan mengawal kasus tersebut sampai dengan adanya jawaban resmi dari Pemerintah terkait penyelesaian untuk pembayaran ganti rugi tanah yang di gunakan PT Pos Indonesia dan Kampus Universitas Cendrawasih. (RED)