Kapolres Kuburaya

Desa Punggur Kecil,Kecamatan Sungai Kakap Bentuk Masyarakat Peduli Api

Kubu Raya,PilarAktual.com
Akhir-akhir ini kabut asap kembali menyelimuti hampir semua kawasan desa di kabupaten kubu raya.
Karena lahan pertanian masyarakat merupakan lahan gambut ,semak belukar berkadar kandungan zat asam masih terlalu tinggi.

Maka dari itu pemerintahan desa punggur kecil kecamatan sungai kakap kabupaten kubu raya telah membentuk (Mpa) Masyarakat Peduli Api, di ketuai Oleh Pak Hermansyah dan didukung Oleh beberapa unsur lain nya yaitu kepolisian Sektor dan koramil sui kakap kabupaten kubu raya.Senin (15.02.2021)

Dalam wawancara singkat ketua (Mpa) pak hermansyah menerangkan dari hasil sosialisasi yang selama ini Di lakukan ke masyarakat sedikit demi sedikit telah banyak membuahkan hasil walau pun tidak semua terlaksana.

Saat ini semua sistim yang diterapkan seperti membuat parit pembatas antara lahan masyarakat satu dengan yang lain nya, menyiapkan pompa air dan lain lain nya telah di lakukan oleh sebagian masyarakat yang akan membuka lahan pertanian,dan juga ada aturan bahwa para petani tidak boleh membakar lahan melampaui dari 2 hektar baik secara individu atau per kelompok.

Tinggal saat ini kita harus benar benar bisa meyakinkan masyarakat bagaimana cara atau sistem yang baik untuk bertani dengan tidak membakar lahan ,tetapi tidak juga akan menghalangi mereka untuk tidak bisa membuka lahan dengan membakar.

Karena selama ini bantuan atau pun solusi belum semua mengakomodir, keinginan serta cara yang baik di dapat dari penyuluhan baik tingkat kabupaten dan kecamatan dari instansi dinas terkait di desa punggur kecamatan sui kakap kabupaten kubu raya kalimantan barat.

Harapan bang Herman yang akrab disapa di masyarakat para petani harus mendapatkan hak perlindungan Hukum,serta memberikan solusi terbaik serta merialisasi kan bantuan sepenuhnya buat para petani yang ada di desa punggur kecil agar mereka nanti membuka lahan pertanian tidak lagi membakar lahan nya sehingga Kabut Asap tidak lagi menjadi musim salju di tengah pandemi covid-19.(Rudi Halik)

Tinggalkan Balasan