Bupati dan Wakil Bupati Halsel Resmikan 12 Unit Pengolahan Kopra Putih

  • Whatsapp

LABUHA, PilarAktual.com Bupati dan wakil Bupati Halmahera Selatan H. Usman Sidik dan Hasan Ali Bassam Kasuba meresmikan 12 unit pengolahan hasil kopra putih, pada Kamis (29/7/2021), kemarin tepatnya di Desa Tabapoma kecamatan Bacan Timur Tengah Halsel.

Kegiatan peresmian ini dengan tajuk “peningkatan produk kalapa, melalui optimalisasi pengelolahan kopra putih di Halsel”.

Bacaan Lainnya

Hal ini dilakukan Sesuai dengan visi misi dan janji kampanye bahwa pasangan Usman Bassam akan mendatangkan investor untuk menginvestasi kopra putih.

Bupati H. Usman Sidik dalam sambutanya mengatakan bahwa, kopra putih ini bagian dari visi misi kami pasangan Usman Bassam. Ini akan banyak investor yang sudah menghubungi untuk menanam berinvestasi di Halsel, banyak investor luar Negeri.

“Terkait hal ini saya suda di hubungi oleh beberapa teman-teman di Negara Laur soal kopra putih ini, alhamdulillah hari ini sudah terlaksanakan,” kata Bupati Halsel di sela-sela sambutannya, Saptu (31/7/2021).

Dia menambahkan, Tapi ini baru awal pengolahan ada juga turunannya yaitu kulit sabut kelapa, dan tampurung kalapa, kita akan cari peluang yang terbaik untuk kemajuan dan kesejahtran masyarakat Halsel.

Selain itu, sambung Orang nomor satu di Halsel ini menyampaikan, Jalan yang bagus sudah menjadi sentra ekonomi, ada jalan Nasional, dan ada jalan Kabupaten.

“Saya dan Basam akan hubungi jalan di sini akan masuk jalan Nasional, karena jalan ini bagian dari sentra ekonomi masyarakat Halmahera Selatan,” Jelasnya.

Foto Istimewa: Bupati dan Wakil Bupati Halsel bersama warga, (hum)

Sementara dalam sambutan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Halsel,Ir. Agus Heriawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati dan Wabub Halmahera Selatan yang berkesempatan hadir.

Selain dia mengatakan produksi kopra putih terbesar di Bacan timur tengah tersebut berada di Desa Tabapoma.

“Suda tiga bulan itu di produksi sebanyak tiga ton, jadi satu tahun 4 kali produksi sehinga satu tahun itu 1.200 ton,” Ucapnya.

Dia menuturkan, Halsel mempunyai SDA Husunnya kelapa 28.000 hektar dan produksi dalam per tahun itu 23.000 hektar, sehingga potensi yang cukup besar. Selama ini masih di kerjakan secara tradisional,

“Kita ketahui harga kopra biasa kisaran harga 10.000 sampai dengan 15.00 per kilo, kalau kopra putih itu bisa lebih mahal harganya,” Ucap Kadis.

Sekedar diketahui, Dalam peresmian ini Trurud di dampingi Bupati di dampingi wakil Bupati, wakil ketua I DPRD Umar H. Soleman, wakil ketua II DPRD Muslim H. Rakib, Kadis Pertanian Ir. Agus Heriawan, Kadis Pedidikan Safiyun Rajilun, Kadis Perkim Ahmad Hadi dan Camat Bacan Timur Tengah, serta para kades. (Red)