HUT RI PEMKAB HALSEL

Budidaya Ikan Air Tawar di Lorong Pematang Kocik Desa Ujung Kubu Perlu Perhatian Pemerintah

BATU BARA, PilarAktual.com – Pembudidaya ikan air tawar di dusun Vlll lorong pematang Kocik, Desa Ujung Kubu, Kecamatan Nibung Hangus, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara perlu perhatian pemerintah setempat.

Hal ini terkuak pada saat team pencanangan lorong kreatif dan edukasi menyurvei kelapangan dan kali ini mengunjungi saudara Anto petani budidaya Ikan air tawar untuk melihat kolam budidaya yang berada dibelakang rumahnya, Jum’at (31/12/2021)

Banyak jenis ikan tawar yang di budidayakan milik saudara anto mulai ikan lele, Nila, Gurami dan ikan laga yang dalam hal ini belum banyak diketahui orang.

” Selama 20 tahun dan selama membudidayakan ikan air tawar belum pernah saya mendapat perhatian dan bantuan dari pemerintah setempat,” ujarnya.

Ia berharap semoga dengan adanya program Lorong Kreatif dan Edukasi di Lorong pematang kocik ini akan ada perhatian pemerintah untuk memajukan budidaya ikan air tawar.

Muhammad Nurdin selaku kordinator program lorong kreatif dan edukasi akan berusaha memberikan pengarahan kepada masyarakat jika program lorong kreatif dapat terwujud tentunya lorong ini akan menjadi tujuan wisata untuk mengenal dan mempelajari apa saja hal kreatif dan potensi apa saja yang ada di lorong ini dan tentunya akan berimbas terhadap peningkatan ekonomi masyarakat termasuk petani budidaya ikan air tawar yang nantinya akan dikembangkan sebagai objek wisata tempat rekreasi dan pemancingan.

Pihaknya berharap, agar pemerintah setempat dapat memperhatikan para pembudidaya ikan air tawar, sebab, geliatnya telah nampak nyata dan dapat menghidupkan kembali perekonomian kerakyatan, hal itu juga dapat berpotensi menambah pendapatan asli daerah (PAD).

“ Kami berharap pemkab Batu Bara turun meninjau langsung petani ikan air tawar ini. Kalau sudah turun dan melihat keadaan pasti akan tergerak. Turun dulu baru bicara, jangan hanya diatas meja,” tandas pria berkumis ini. (Red)