BPI KPNPA RI Yakin Irjen Pol Panca Putra Akan Tuntaskan Laporan Dugaan Kasus Korupsi Yang Mangkrak Di Sumut

  • Whatsapp

DELI SERDANG, PilarAktual.com – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) yang baru Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak telah tiba di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kehadiran putera asli Batak ini yang pernah tercatat menjadi Penyidik pada Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia diharapkan mampu menuntaskan Laporan kasus-kasus yang tidak berjalan alias mangkrak.

Kedatangan Irjen Pol Panca Putera disambut dengan haru dan suka cita oleh Direktur Investigasi & Deputy Intelijen Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia ( BPI KPNPA RI ) Sari Darma Sembiring, SE, Kamis (11/03/2021).

Bacaan Lainnya

” Selamat datang Kapolda Sumut yang baru. Jujur saya sangat bangga dan bersyukur bahwa Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo benar-benar membuktikan Program PRESISI. Beliau sudah dapat memprediksi dan memahami kebutuhan penanganan pencegahan dan pemberantasan tindak Pidana Korupsi, tindak pidana narkoba dan lainnya yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Utara dengan menunjuk salah satu Perwira Tinggi terbaik yang dimiliki Kepolisian Republik Indonesia Bapak Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak,” Puji Pria yang akrab disapa Angling Darma tersebut.

Menurutnya, Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak memiliki segudang prestasi dalam menangani dan menuntaskan kasus-kasus Tindak Pidana Korupsi. Baik secara OTT, maupun laporan kasus-kasus dugaan Korupsi yang mangkrak.

” Tuhan sudah membuat kisah ini begitu Indah. Ketika saya dilantik menjadi Direktur Investigasi & Deputy Intelijen BPI KPNPA RI saya bertekad target 100 hari kerja saya adalah membangunkan kembali kasus-kasus TIPIKOR yang mangkrak di seluruh Provinsi maupun kabupaten/ kota wilayah Indonesia. Dalam rencana Tuhan itu disempurnakan oleh Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak yang terkenal selalu menuntaskan kasus-kasus Korupsi yang Mangkrak untuk menjabat Kapoldasu di Provinsi Sumatera Utara,” ungkapnya.

” Dulu saya pernah bertemu bersilaturahmi dengan beliau pada saat menjabat Kapolres Banyumas di kota Purwokerto, Insha Allah jika nanti dapat kesempatan bertemu kembali akan saya bantu bisikkan disini ada nih, disitu ada tuh,” cetusnya Angling Darma.

Senada dengan Dir Investigasi, ketum BPI KPNPA RI TB Rahmad Sukendar SH, S.Sos mengatakan Keputusan Kapolri menunjuk Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak dalam pemberantasan Korupsi sudah sangat tepat untuk menjabat Kapolda Sumut.

” Saya sangat mengenal Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak. Beliau memiliki gaya kepemimpinan yang kuat, memiliki kecerdasan, kemampuan yang luar biasa dalam menangani dan menuntaskan kasus-kasus Korupsi yang tidak berjalan,” ungkapnya.

” Ada 21 Operasi Tangkap Tangan (OTT) saat Panca Putra Simanjuntak menjadi Direktur Penyidikan KPK selama 11 bulan.
Di antaranya kasus TPPU Tubagus Chairi Wardana yang mangkrak di KPK selama enam tahun. Kemudian, perkara korupsi di perusahaan penerbangan pelat merah Garuda Indonesia yang telah empat tahun mangkrak. Irjen Panca juga berperan dalam penangkapan Eddy Sindoro pelaku penyuapan panitera PN Jakarta Pusat yang sudah menjadi DPO selama dua tahun, untuk itu BPI KPNPA RI berkomitmen penuh mendukung kinerja Kapolda Sumut dalam penegakkan hukum dan pemberantasan korupsi di Provinsi Sumatra Utara,” terangnya menjelaskan.

senada juga disampaikan oleh Mayor Purn Jonhson Situmorang SH, MH ketua wilayah Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara & Pengawas Anggaran RI Provinsi Sumatra Utara menyampaikan komitmen siap menjalin komunikasi dengan Kapolda dan Jajaran terkait penegakkan hukum berkeadilan dan pencegahan maupun pemberantasan tindak pidana korupsi dan pungli.

” Keberadaan BPI KPNPA RI Sumut yang juga terwakili ada di 12 kabupaten dan Kota tentunya siap mendukung program kerja dari Kapolda Sumatra Utara demi tercipta nya Kondisi Kamtibmas yang kondusif dan dari BPI KPNPA RI Sumatra Utara dalam waktu dekat akan menemui Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol Drs Panca Putra Simanjuntak untuk silaturahmi dan perkenalan BPI KPNPA RI Sumatra Utara,” tegas Jonhson Situmorang kepada Awak media. (RED)