Akibat Cuaca Ekstrim Empat Rumah Warga Tertimbun Longsor

Akibat Cuaca Ekstrim Empat Rumah Warga Tertimbun Longsor
Foto: Tanah longsor yang terjadi pada Senin malam sekitar pukul 19.30 wita itu menyebabkan 4 unit rumah warga mengalami kerusakan parah.

Bolmong, PilarAktual.com – Hujan deras sepanjang hari yang mengguyur wilayah Sulawesi Utara menyebabkan beberapa daerah mengalami bencana tanah longsor, seperti yang terjadi di desa Komangaan Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (07/12/2021).

Tanah longsor yang terjadi pada Senin malam sekitar pukul 19.30 wita itu menyebabkan 4 unit rumah warga mengalami kerusakan parah, “selain itu akses Jalan Trans Sulawesi tertimbun tanah longsor, antara jalan trans Kotamobagu dan inobonto,” ungkap Kapolres Bolmong.

Bacaan Lainnya

Jajaran Polres Bolmong bergerak cepat untuk mengatasi musibah tanah longsor tersebut. Kapolres Bolmong AKBP Dr. Nova Irone Surentu, SH. MH langsung mengerahkan personelnya untuk membantu warga yang ditimpa bencana.

“selain itu langsung melakukan berkoordinasi dengan Instansi terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong dan Balai Jalan Provinsi Sulut untuk membersihkan longsor yang menutup badan jalan sehingga akses jalan bisa dilewati kendaraan,” terangnya.

Petugas BPBD dan Balai Jalan dengan menggunakan 2 unit alat berat Exavator dan 1 unit Loder masih terus bekerja membersihkan longsoran tanah.

Kapolres melalui Kapolsek Bolaang Iptu Sugiyanto mengungkapkan bahwa saat ini akses jalan arah Kotamobagu – Inobonto dan sebaliknya sudah bisa dilalui kendaraan dengan sistim buka – tutup.

“Sedangkan jumlah kerugian akibat kerusakan 4 unit rumah warga belum dapat dikonfirmasi karena pemilik rumah telah mengungsi,” jelasnya.

Menyikapi peristiwa tersebut Kapolres Bolmong AKBP Dr. Nova Irone Surentu, SH, MH mengimbau warga agar mengantisipasi dan waspada terhadap datangnya bencana ketika turun hujan lebat terutama warga yang tinggal di dekat area perbukitan dan di pinggiran sungai.

“saya menghimbau warga agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam yang bisa saja terjadi di musim penghujan seperti ini,” himbau Kapolres Nova Irone Surentu.

Sumber: Polres Bolmong ǀ Editor: Stinki Mamonto

Pos terkait