Hari Jadi Kabupaten Halmahera Selatan

Wabup Oskar Manoppo Tinjau Lokasi Terdampak Banjir di Desa Buyat

Boltim, PilarAktual.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur, dalam hal ini Wakil Bupati Oskar Manoppo, turun langsung untuk meninjau lokasi banjir yang ada di Perumahan Bubuan Buyat Tengah dan sebagian rumah warga kompleks Pasar Buyat yang ada di Buyat Satu.

Warga perumahan bubuan, Olong Mamonto (45) dihadapan Wakil Bupati Boltim mengatakan, warga yang ada di perumahan bubuan sini sangat membutuhkan atau dibuatkan drainase, juga tanggul yang ada di bantaran sungai.

“Kami disini sangat membutuhkan agar dibuatkan drainase, sebab kalau hujan turun, rumah kami sering tergenang air. Kemudian yang ada di bantaran sungai, kalau bisa dibuatkan tanggul, karena sebagian belum dibuatkan tanggul,” ucapnya.

Usai meninjau lokasi banjir, wakil bupati juga meninjau posko pengungsian sementara yang dibuat oleh pemerintah desa dan BPBD Boltim, yakni di gedung TK/Paud Buyat Tengah.

Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur, disadur tribunmanado.co.id mengatakan, persoalan ini kita akan melihat kewenangan yang ada sekarang ini.

Karena otomatis harus buatkan tanggul di pinggiran sungai, dan kalau dibuatkan tanggul maka harus ada proposal dari pemerintah daerah dalam hal ini, camat, bupati, kemudian diusulkan ke balai sungai. Jadi dia paket dengan yang ada di Desa Motongkad.

Kalaupun terjadi supaya dia satu paket dengan yang ada di Desa Motongkad, minimal biar hanya 500 – 600 meter. Kalau tidak dibuatkan tanggul, pasti air sungai tetap akan meluap ke pemukiman warga.

Tapi itu usulan, dan kalau secara Pemerintah Daerah kita akan lihat anggaran kalau perhitungan pihak PUPR berapa besaran anggaran berapa yang diusulkan ke bupati, terangnya.

Untuk pembuatan drainase yang diusulkan warga perumahan bubuan, wabup mengatakan, kalau lalu dari pihak PUPR Bolaang Mongondow Timur, sudah meninjau dan mengukur, mulai dari jalan, dan drainase yang akan dibuat.

Karena warga meminta juga, kalau jalan yang di perumahan bubuan diaspal, biar sedikit tinggi, juga dibuatkan drainase, karena memang disitu sangat rendah, tapi kita akan melihat kondisi anggaran yang ada, ucapnya.

Dadapan warga yang terdampak banjir, wakil bupati mengatakan, kita semua harus sabar dan ikhlas menghadapi cobaan saat ini. Apalagi masih dalam suasana ramadhan, dan beruntung saat kejadian, tidak ada korban jiwa.

Dia juga menambahkan, karena ini suatu musibah, pemerintah daerah tetap akan menangani. Untuk menyangkut kebutuhan warga ada Dinas Sosial, dan juga ada di BPBD.

Makanya sampai saat ini masih akan didata dulu oleh Pemerintah Desa, juga Camat apa – apa kerugian materi yang akan ditangani, tutupnya.

Berdasarkan pantauan wartawan, sampai pukul 23.00 Wita, tenda milik dari BPBD Bolmong Timur, sudah dipasang di posko pengungsian sementara.

Dalam kunjungan, Wakil Bupati Oskar Manoppo didampingi oleh Camat Kotabunan, Sekcam, Kepala Desa Buyat Tengah, Buyat Satu, dan Buyat Barat. Disamping itu ada juga dari unsur TNI/Polri. (*/Red)