Sidak Di Kecamatan Kayoa, Bupati Halsel Mutasi Camat Dan Sekcam Serta Kepala UPTD

  • Whatsapp

LABUHA,Pilaraktual.com — Setelah Sidak di Kecamatan Botang Lomang. kini Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara Hi Usman Sidik Mengelar Inspeksi Medadak (Sidak) di Gurapin Kecamatan Kayoa Halmahera Selatan, pada Jumat (04/06/2021).

Setibanya Bupati Halmahera Selatan di Desa Guruapin Ibu kota Kecamatan kayoa. Bupati melihat secara dekat kondisi kantor dan Rumah Camat Kayoa kondisinya sangat ambruk, kemudian juga memastikan kehadiran aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai tidak tetap (PTT).

Bacaan Lainnya

Setelah di kantor Camat Kayoa, Bupati menemukan kantor camat tak terurus karena plafon pada bagian luar dan dalam sudah rusak parah, sementara bagian dalam kantor tak terlihat dilakukan pelayanan karena mobuler juga cuman ada beberapa kursi dan meja kerja bahkan Komputer dan Laptop tidak ada di rungan.

“Luar biasa, kantor Camat juga tidak terurus, sebagian plafon luar maupun dalam ruangan sudah rusak, terus anggaran kecamatan yang dialokasikan tiap tahun itu digunakan untuk apa, lalu dimana pelayanan pemerintahan di Kecamatan,” Ujar Bupati Halsel didampingi Wakapolres dan Kabag Protokoler kepada wartawan Saptu (05/6/2021)

Menanggapi pertanyaan Bupati Halsel Usman Sidik, Sekretaris Camat Kayoa (Sekcam), Munjir Ayat menjawab bahwa kerja administrasi kantor Camat Kayoa dilakukan dirumahnya pak Camat.

“ Untuk mobuler berupa kursi dan Laptop serta administrasi kantor itu dikerjakan di rumah pak Camat,” Katanya.

Foto Istimewah : Bupati sidak di kantor Camat kayoa

Mendengar Jawaban, Sekcam bahwa pelayanan pemerintahan kecamatan Kayoa di rumah Camat, Bupati langsung naik pitam dan langsung mencopot Sekretaris Camat, Munjir Ayat dan Camat Kayoa M. Fajri Awali juga dicopot.

“Masa pelayanan masyarakat koh dirumah, pantas kantor camat juga tidak terurus, mulai hari ini Sekcam di mutasikan ke staf kecamatan Obi Timur dan Camat dimutasikan sebagai staf Kecamatan Obi Barat,” Tegasnya.

Lanjut Bupati, Setelah Camat dan Sekcam dimutasikan, dirinya akan menginstruksikan kepada Badan Kepegawaian Daerah untuk memantau apakah mereka ke tepat tugas atau tidak.

“Semua pegawai yang telah dimutasikan terus tidak masuk kantor selama tiga hari, gaji mereka akan di tahan dan kalau 44 hari tidak masuk kantor maka saya akan usulkan pemecatan dari ASN,” Jelasnya Bupati Usman Sidik.

Perlu dinetahui, Selain sidak di Kantor Camat Bupati Halsel juga melakukan sidak di UPTD kecamatan kayoa Halmahera Selatan.

Foto istimewa Bupati Halsel di UPTD Kecamatan Kayoa

Dalam sidak tersebut Bupati menemukan Kepala UPTD Kecamatan kayoa tidak berada di kantor dan daftar hadir memiliki tanda tangan ganda.

Diketahui jumlah Pengawai ASN Sebnayak 20 orang dan PTT Sebanyak 27 Orang.

Bupati Halsel Usman Sidik, Juga menyampaikan Kepala UPTD kecamata kayoa Misna Sidika dan beberapa Pengawai ASN dan PTT Bakal dimutasikan ke Pulau Obi. (Red)